-->

Cara Mudah Mengatasi Layar Android Bergerak Sendiri (Ghost Touch)

Pada beberapa kasus android biasanya kita sering menemukan layar android yang bergerak sendiri tanpa kita sentuh seolah-olah hp android kita ini ada yang menekannya, eerro semacam ini biasa dikenal dengan istilah ghost touch.

jika seandainya Ghost touch initidak mengganggu pemakaian smartphone layar sentuh, fenomena ini mungkin tidak menjadi masalah. Akan tetapi pada keadaan terburuk, smartphone menjadi tidak berguna karena kita tidak bisa mengatur aktivitas yang sesuai dengan keinginan kita.



Fenomena ini tidak hanya terjadi pada satu merek tertentu. Berbagai merek dari yang paling terkenal sampai yang biasa-biasa pun bisa juga mengalaminya. Sebenarnya, Ghost Touch adalah fenomena dimana layar sentuh memiliki ‘pikirannya’ sendiri sehingga membuka aplikasi secara terus menerus seperti dihantui. Akan tetapi, fenomena ini bisa jadi tidak berbahaya sampai pada taraf tertentu.

Error seperti ini wajar terjadi apabila anda menggunakan smartphone yang sedang dalam mengisi ulang baterai. Hal ini sangat alamiah mengingat sedang ada aliran listrik yang masuk ke smartphone sehingga menjadi trigger dari ghost touch. Selama kejadiannya terbatas hanya pada saat charging, smartphone kalian masih aman.

Pada artikel kali ini saya akan berbagi Cara Mudah Mengatasi Layar Android Bergerak Sendiri (Ghost Touch). Ketika layar android anda bermasalah pasti aktifitas multitasking ada terasa sangat terganggu. 

Di saat membaca pesan hp atau sedang browsing di Internet terasa tidak nyaman dengan masalah tersebut. Lebihnya lagi, di waktu anda bermain game tentu bukan terasa seru dan menyenangkan tetapi malah menjadi kesedihan. 

Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Layar Android Bergerak Sendiri (Ghost Touch)


Adapun beberapa penyebab dari ghost touch dan cara mengatasinya adalah sebagai berikut :

1. Restart Smartphone Android

Bisa jadi aplikasi yang berjalan di background atau di belakang layar membuat layar smartphone bergerak sendiri. Hal ini terjadi mungkin karena kapasitas RAM yang terlalu kecil sehingga membuat layar terjadi error dan alhasil layar bergerak dengan sendiri. Solusi paling sederhana yang bisa anda lakukan adalah reboot atau restart smartphone android anda. Cara ini akan membuat smartphone kembali pada posisi normal, dan semoga saja cara ini berhasil pada smartphone android anda.

2. Charger Rusak

Kerusakan pada charger ternyata dapat juga mengakibatkan layar bergerak sendiri, hal ini yang pernah di alamin oleh admin sendiri, ketika itu waktu mengisi baterai ada yang aneh dengan layar ponsel yaitu bergerak sendiri, nah sebelum kerusakan meramba pada komponen ponsel anda sebaiknya cepat ganti charger tersebut dengan yang original.

3. Layar Yang Sudah Panas

Penggunaan smartphone yang terlalu lama hingga berjam – jam tanpa henti membuat layar terjadi masalah, bisa error, macet, atau bergerak sendiri. Seperti halnya teknologi, bahwa smartphone memiliki batasan dalam penggunaan. cara mengatasi ghost touch karena hal ini yaitu dengan Istirahatkan ponsel Android anda selama beberapa saat sampai suhunya turun atau tidak terlalu panas. Jikapun anda melakukan charging, pastikan melakukan charging dengan kondisi layar mati atau OFF.

4. Touchscreen Rusak

Layar yang terkena kotoran atau air mampu membuat touchscreen terjadi kerusakan. Belum bisa dipastikan bahwa touchscreen anda telah rusak jika belum dilakukan pengecekan. Jika layar bergerak terus – menurus tanpa henti dan memang benar – benar terjadi error maka sebaiknya bawa ke service center untuk langsung mengganti layar android anda. Di tempat tersebut anda akan di beritahu terkait masalah pada layar smartphone anda.

4. Baterai Telah Rusak Atau Kehabisan Daya

Pemicu lainnya adalah baterai telah rusak atau dalam kondisi kehabisan baterai, untuk itu solusinya adalah dengan mengisi ulang baterai, akan tetapi jika sudah terisi penuh kejadian ini terulang kembali maka anda bisa mengecek fisik dari baterai ponsel anda, biasanya naterai yang sudah rusak akan menggelembung, untuk itu anda bisa menggantinya dengan yang baru agar kerusakan baterai tidak menyebabkan kerusakan lainnya.

5. Kerusakan Pada LCD

Selanjutnya jika anda sudah mencoba mengatasi dengan langkah 1, 2 dan 3 masih saja terjadi ghost touch, maka bisa jadi lcd ponsel anda telah rusak, untuk itu solusinya adalah dengan mengganti dengan lcd baru, untuk harga lcd baru ini biasanya akan sangat bervariasi tergantung pada merek dan type ponsel anda.

6. Pelindung layar Kotor

Dengan mengunakan pelindung layar memang akan membuat ponsel lebih aman dan terlindungi, namun jika pelindung layar atau guard screen telah kotor maka bisa jadi ini adalah salah satu penyebabnya, untuk itu anda bisa melepas dan menggantinya dengan yang baru.


7. Bugs Pada Rom atau Software

Dan yang keenam bisa jadi masalah ini di akibatkan oleh bugs pada software atau rom, untuk itu jalan keluar yang bisa anda ambil ialah dengan mengupgrade rom atau dengan factory reset data, untuk cara menguprade rom akan kami ulas pada pembahasan berikutnya.

8. CPU Dan Ram Overload

Dan yang terakhir mungkin terjadinya layar bergerak sendiri ini di akibatkan oleh cpu atau ram yang overload atau bekerja secara berlebihan, solusinya adalah dengan menutup aplikasi yang terbuka.

9. Terjadi Kerusakan Pada Firmware

ROM atau pada Firware (Sistem Android) yang mengalami masalah tentu akan berdampak pada kinerja android itu sendiri, baik pada layar, aplikasi, kamera, file, atau apapun. Solusi paling sederhana adalah, anda bisa melakukan upgrade sistem ke versi terbaru. Dengan Upgrade, semua bugs dan kerusakan pada sistem akan hilang.

10. Factory Reset

cara yang bisa anda coba lakukan jika semunya terasa baik-baik saja namun ghost touch masih terjadi adalah reset smartphone Android. Cara ini akan membuat android kembali pada posisi default. Namun, sebelum anda melakukan upgrade pada sistem Android, pastikan anda melakukan backup pada semua data atau file android anda. Dan untuk melakukan factory reset Android, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Buka menu Pengaturan lalu Setelan Tambahan trus Buat Cadangan dan Reset  Kemudian tap “Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat di Bongkar”.

Demikian artikel singkat kali ini mengenai Cara Mudah Mengatasi Layar Android Bergerak Sendiri (Ghost Touch), semoga bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih.
loading...

4 comments:

  1. Hp saya ghost touch karna kartu sim 1 jaringan seperti smartfrend,pakai kartu lain tidak apa"/lancar jaya,mudah"an artikel ini mampu menjawab masalah saya juga.

    ReplyDelete
  2. Ghost touch pada hp saya xiaomi penyebabny karna menggunakan kartu sim satu jaringan 4G seperti smartfren,kartu merk lain justru baik" saja,sudah ganti kartu smartfrend no lain pun hasilnya sama,semoga artikel ini mampu menjawab.??

    ReplyDelete
  3. Bang admin mau nanya dong kalo ghost touch nya trjdi di titik tertentu gimana solusinya sedangkan handphone saya ini lcd nya tdk ada cacat? Mohon jawabannya ๐Ÿ™๐Ÿ™trima kasih

    ReplyDelete
  4. Penyebab lcd bergerak sendiri saat dimasukkan slot SIM card

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih