-->

Cara Flash Asus Zenfone 5 Bootloop dengan mudah dan 100 % berhasil

Persaingan smartphone Android murah semakin panas. Beberapa vendor ternama belakangan menggarap ranah ini secara lebih serius mengingat potensi pasarnya sangat menjanjikan. Satu nama besar asal Taiwan baru-baru ini meluncurkan tiga seri smartphone terbarunya yang mungkin bisa membuat produsen lainnya ketar-ketir.

tidak lain dan tidak bukan mereka adalah ASUS dengan ZenFone 4, ZenFone 5, dan ZenFone 6-nya. Keunggulan dari ketiga perangkat tersebut yaitu harga yang murah. Meski begitu, spesifikasi yang ditawarkan tergolong sangat mumpuni. Inilah yang membuat ketiganya, khususnya ZenFone 5, menjadi barang yang paling dicari oleh para pengguna di Indonesia.

Body dari ZenFone 5 terbilang cukup tipis dan ringan serta memiliki sudut-sudut yang dinamis. Lengkungan di bagian belakangnya membuat smartphone ini terasa nyaman di genggaman tangan. Perlu diketahui bahwa ZenFone 5 memakai desain unibody sehingga tak memungkinkan pengguna untuk melepas dan mengganti baterai dengan mudah.

Asus zenfone 5 ini, juga di bekali hardware yang di dalamnya, terdapat processor SoC Intel Atom Z2560 dengan prosesor dual-core berkecepatan 1.6GHz dan GPU PowerVR SGX544MP2. Selain itu, Anda juga akan menemukan RAM 1GB dan memori internal 8GB lengkap dengan slot microSD. 

Baterai yang ditanamkan sebesar 2110mAh. Soal sistem operasi, ASUS mempercayakannya kepada Android 4.3 Jelly Bean yang telah dibumbui ZenUI garapan mereka sendiri. Sebelum membahas lebih lanjut seperti apa performa dari smartphone Dual-SIM ini, kita lihat dulu paket penjualannya.

Berbekal Android 4.3 Jelly Bean dan ZenUI, tampilan dari ZenFone 5 terlihat cukup menarik. Secara fungsi memang tak terlihat perbedaan berarti dibanding UI yang ditawarkan oleh kebanyakan smartphone Android lainnya. Pengguna masih akan menemukan Home Screen dengan widget, shortcut, dan wallpaper yang bisa dimodifikasi.



Dengan spesifikasi yang tinggi yang dimiliki oleh sebuah Hp khusunya asus zenfone 5, tidak menjamin hp tersebut tidak akan mengalami kendala, seperti halnya teman saya yang baru saja mengalami permasalahan pada Asus Zenfone 5 yaitu botloop, atau saat dinyalakan Asus Zenfone 5 hanya sampai di logo ASUS saja.

Kemudian saya mencoba membantunya dengan cara menflash ulang atau menginstall ulang OSnya, dan alhamdulilah Setelah di lakukan flash Asus Zenfone 5 kembali nyala dengan normal dan tentunya dapat digunakan kembali.

Namun Sebelumnya saya juga pernah mendapatkanpermasalahan lain mengenai Asus Zenfone 5 ini yaitu saat di nyalakan hanya muncul logo USB di layar Asus Zenfone 5 dan setelah di flash Asus Zenfone 5 kembali nyala dengan normal.

Maka berdarkan hal tersebut pada artikel kali ini, saya akan berbagi mengenai Cara Flash Asus Zenfone 5 Botloop dengan mudah dan 100 % berhasil, karena saya berharap artikel ini bisa menjadi solusi anda mengatasi permasalah yang sama dengan apa yang pernah saya alami.

Baca Juga : Cara Mengatasi Asus Zenfone 4 Bootloop
Baca Juga : Cara Mengatasi Asus Zenfone C Bootloop
Baca Juga : Cara Mudareset Asus Zenfone 2 Via Recovery Mode
Baca Juga : Cara Remove Akun gmail Asus zenfone go x014d 


Cara Flash Asus Zenfone 5 Bootloop dengan mudah dan 100 % berhasil


Berdasarkan permasalahan yang sering terjadi pada asus zenfone 5 ini, yaitu bootlop saya harap cara ini bisa mnyelesaikan permasalah pada asus zenfone 5 milik anda juga, karena saya merasa cara ini sangat mudah dan tentunya hasilnya juga telah terbukti berhasil dilakukan.

A. Bahan yang dibutuhkan :

  1. Download Driver Android Intel Setup
  2. Download ADB Fastboot Tool
  3. Download Firmware Asus Zenfone 5 T00F/T00, Direkomendasikan pilih SKU yang sama dengan jenis yang di gunakan (WW , TW ,CN atau CHT)

Catatan : Untuk mendownloadnya silahkan kalian cari di google dengan kata kunci tersebut sesuai dengan bahan yang diperlukan untuk melakukan flashing terhadap Asus zenfone 5 ini.

B. Persiapan Pada Komputer / Laptop

  1. Ekstrak dan Instal Driver Android Intel Setup di Komputer
  2. Ekstrak ADB Fastboot Tool
  3. Ubah nama firmware Asusu Zenfone 5 yang sudah Anda download tadi menjadi user contoh : UL-ASUS_T00F-WW-3.24.40.87-user Ganti menjadi "user", Untuk memudahkan proses flashing Asus Zenfone 5 via ADB Fastboot Tool. Selanjutnya pindahkan firmware Asus Zenfone 5 yang sudah diganti nama tadi ke dalam folder ADB Fastboot Tool.


C. Persiapan Pada Asus Zenfone 5 

  1. Selanjutnya masuk ke apply update from ADB di  Asus Zenfone 5 dengan cara tekan dan tahan tombol Volume Up + Power secara bersamaan sampai masuk ke FASTBOOT MODE 
  2. Setelah berada di Fastboot Mode pilih RECOVERY MODE Gunakan tombol Volume untuk navigasi dan tombol power untuk konfirmasi, Setelah memilih Recovery Mode Asus Zenfone 5 akan restart dan akan muncul logo Android Tidak ada perintah.
  3. Setelah muncul muncul logo Robot Android tekan dan tahan tombol Power setelah itu tekan tombol Volume Up satu kali, Jika tidak bisa setelah muncul muncul logo Robot Android tekan Volume Down + Volume Up, terus volume up lepas volume down jangan di lepas.
  4. Setelah berada di menu recovery pilih apply update from ADB.


D. Proses Flash Asus Zenfone 5 via ADB Fastboot Tool

  1. Sambungkan Asus Zenfone 5 ke komputer menggunakan kabel USB, pastikan Hp benar benar terdeteksi Komputer sampai ada tanda berikut 
  2. Jalankan Comand Prompt yang berada di dalam folder ADB Fastboot Tool dan Klik dua kali pada OPEN.CMD.
  3. Setelah masuk ke Comand Prompt ketikan perintah "adb devices"
  4. Jika semua proses diatas dijalankan dengan benar maka Asus Zenfone 5 akan terdeteksi, yang menandakan Asus Zenfone 5 sudah terhubung dengan benar dan siap untuk proses flashing. Hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.
  5. Cara Flash Asus Zenfone 5 T00F T00J Botloop
  6. Selanjutnya ketikkan perintah "adb sideload user.zip" (user.zip adalah firmware yang di ubah namanya tadi)
  7. Jika proses berlangsung hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.
  8. Cara Flash Asus Zenfone 5 T00F T00J Botloop
  9. Setelah proses instalasi selesai, Asus Zenfone 5 akan masuk kembali ke recovery mode, Setelah itu pilih reboot system now
  10. Tunggu Asus Zenfone 5 sampai kembali nyala (proses ini memerlukan waktu cukup lama, Menurut pengalaman kami kurang dari 30 menit, tunggu saja sampai Asus Zenfone 5 nyala dengaan normal)


Penting !!!! Tambahan (Permasalahan yang muncul saat proses flash)

  1. Setelah mengetik adb devices Asus Zenfone 5 tidak terdeteksi, Permasalahan ini bisa jadi disebabkan driver belum terinstal di Asus Zenfone 5 atau kesalahan pada komputer, Karna kami pernah mengalami Asus Zenfone 5 tidak terdeteksi di komputer, Setelah menggunakan komputer lain Asus Zenfone 5 dapat terdeteksi.
  2. Setelah mengetik adb sideload user.zip (user.zip name firmware Asus Zenfone 5) prosses loading tidak jalan, Ini bisa jadi disebabkan nana firmware yang diketikkan salah, Untuk mengatasinya ganti nama firmware menjadi singkat seperti user, Sehingga saat mengetikkan adb sideload user.zip proses langsung jalan, Jangan lupa saat mengetikkan adb sideload user.zip (mengetikkan .zip jangan sampai lupa)
  3. Setelah mengetik adb sideload user.zip prosses loading tidak jalan ini dapat disebabkan Anda salah memilih firmware Asus Zenfone 5, Jika sebelumnya Asus Zenfone 5 sudah di Upgrade ke Android Lollipop, Firmware yang digunakan harus Android Lollipop.
  4. Setelah mengetik adb sideload user.zip prosses loading tidak jalan, Silahkan cari ADB Fastboot Tool versi terbaru. Kami pernah mengalami saat mengetik adb sideload user.zip prosses loading tidak jalan. 
  5. Saat flash Asus Zenfone 5 muncul E:Error in / sideload/package.zip (Status 7) ini disebabkan kesalahan saat memilih SKU, Download firmware Asus Zenfone 5 yang sama dengan SKU di Asus Zenfone 5
  6. Proses Sending firmware tidak sampai 100% , Permasalahan seperti ini bisa jadi kualitas kabel USB kurang bagus, Jika Anda masih memiliki kabel USB bawaan dari Asus, Sebaiknya gunkan kabel tersebut dan permasalahan seperti ini dapat juga disebabkan kesalahan saat memilih firmware ASUS Zenfone 5.
  7. Setelah Sending firmware sampai 100% di ADB Fastboot, Pastikan juga dilayar handphone paling bawah proses instal di Asus Zenfone 5 Anda sukses, Seperti pada komentar yang saya kutip ini : Udah sukses sending firmware sampe 100%, Asus Zenfone 5 restart sampai muncul logo ASUS, dan loading muter2 dibawahnya. ditunggu setengah jam lebih gak ada perubahan. Permasalahan seperti ini dapat juga disebabkan kesalahan saat memilih firmware ASUS Zenfone 5.

Demikianlah artikel saya kali ini, mengenai Cara Flash Asus Zenfone 5 Bootloop dengan mudah dan 100 % berhasil semoga bisa menjadi solusi menangani permasalah Zenfone 5 Botloop. Terima Kasih.
loading...

4 comments:

  1. thanks gan sangat membatu di saat genting.. terima kasih ilmunya :)

    ReplyDelete
  2. Gan,gimana cara mindahin firmware ke adb fastboot toolnya,screenshoot komputer tutornya donk..

    ReplyDelete
  3. gan,cara memindahkan firmware ke adb fastboot gimana..,mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  4. gan,gimana cara memindahkan firmware ke folder adb fastboot.,mohon pencerahannya

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih