-->

Cara sederhana Mengatasi Bootloop Pada Android Mudah dan Cepat

Bootloop adalah masalah pada piranti lunak Android yang ditunjukkan dengan tanda-tanda berupa kegagalan untuk masuk ke dalam sistem, ciri khasnya perangkat hanya menampilkan logo Android atau vendor secara berulang-ulang.

Sebagai pengguna android mungkin kita pernah mengalami hal tersebut, Jika perangkat Android mengalami bootloop, jangan panik apalagi menangis. Jangan buru-buru ke counter handphone dan membayar ratusan ribu, karena Anda pasti bisa kok mengatasi bootloop seorang diri. 

Bootloop sendiri ada dua macam yang dibedakan atas tingkat kerusakannya diantaranya adalah sebgai berikut :
  1. Soft Bootloot atau Bootloop ringan. Biasanya bootloop ini hanya bersifat sementara, kadang-kadang saja kumatnya. H
  2. Hard bootloop atau bootloop parah yang ditandai dengan kegagalan masuk ke sistem secara permanen walaupun sudah dicoba berulang kali.

Berdasarkan hal tersebut, maka pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai Cara sederhana Mengatasi Bootloop Pada Android Mudah dan Cepat. Untuk lebih jelasnnya silahakan baca artikel ini sampai dengan selesai.


Cara sederhana Mengatasi Bootloop Pada Android Mudah dan Cepat


Baik bootloop ringan ataupun berat sama-sama membutuhkan penanganan. Bootloop ringan walau bisa serng dianggap tidak terlalu menggangu namun suatu saat akan menjadi parah dan tetap pada akhirnya akan merepotkan. Jadi, ada baiknya untuk diperbaiki sebagaimana yang direkomendasikan.

Mengatasi bootloop ringan (Soft bootloop)


Untuk memperbaiki perangkat yang mengalami bootloop ringan tidak diperlukan langkah-langkah teknis. Matikan perangkat Anda (jika hidup) kemudian cabut memori, kartu dan baterai. Kemudian diamkan selama 30 menit sampai 24 jam. Setelah itu pasang dan hidupkan kembali. Lalu amati, jika masalah bootloop masih terjadi maka lanjutkan ke cara selanjutnya.

Mengatasi bootloop parah (hard bootloop)


Cara Mengatasi HP Android Bootloop Tidak Bisa Booting. Setiap perangkat Android pastinya memiliki spesifikasi dan keunggulan yang berbeda – beda. Performa yang mantap dengan dukungan multitasking yang maksimal menjadi pilihan terbaik dari para pengguna Android. Namun sebagus dan secanggih – canggihnya smartphone pastinya juga akan mengalami masalah, bisa pada software atau pada hardware. Dan kebanyakan masalah memang sering terjadi pada software, seperti aplikasi terinstall, aplikasi bawaan, sistem android, dan lainnya.


Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, Bootloop merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada sebagian pengguna Android yang suka melakukan oprek pada sistem Android. Adapun masalah Bootloop bisa terjadi pada semua perangkat Android seperti pada OPPO, Lenovo, Asus Zenfone, HTC, LG, Motorola, Xiaomi, Vivo, Samsung, Panasonic, Polytron, Advan, Acer, Axioo, LUNA, Coolpad, dan lainnya. Penyebab bootloop bisa bermacam – macam, bisa karena proses rooting, upgrade OS yang gagal, Costum ROM yang gagal atau corrupt, Flashing Firmware yang tidak berhasil, dan masih banyak lagi.

Adapun cara Mengatasi HP Android Hard Bootloop adalah sebagai berikut :


A. Hapus Cache Sistem


Untuk cara paling mudah dan cara paling sederhana pertama yang bisa anda lakukan yakni membersihkan file cache pada sistem dan memori Android. Dan untuk melakukan cara ini, anda harus bisa masuk pada menu Recovery Mode. Menu Recovery Mode pada setiap smartphone pastinya berbeda – beda, dan untuk masuk juga akan berbeda – beda. Anda harus bisa masuk pada menu Recovery Mode sesuai dengan tipe perangkat yang anda gunakan. Sebagai contohnya, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.
  1. Tekan tombol “Power + Volume Down” Secara bersamaan selama beberapa saat sampai muncul LOGO ponsel. Lepaskan kedua tombol yang anda tekan, dan anda akan dibawa pada opsi menu Recovery Mode.
  2. Pilih menu “Advanced”, kemudian anda lanjutkan dengan memilih “Wipe-Dalvik Cache”.
  3. Selanjutnya, anda pilih lagi menu “Mounts & Storage”, lalu pilih opsi “Wipe /Cache”.
  4. Selesai.

B. Wipe Cache Partition


Dan untuk metode yang kedua, anda bisa mencoba melakukan Wipe Cache Partition. Cara ini akan membersihkan file cache pada partisi memori. Caranya hampir sama dengan yang pertama, yakni melalui menu Recovery Mode. Biasanya hal ini dilakukan Bootloop tipe Medium Bootloop atau sedang. Dan untuk melakukannya, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.
  1. Tekan tombol “Power + Volume Down” Secara bersamaan selama beberapa saat sampai muncul LOGO ponsel. Lepaskan kedua tombol yang anda tekan, dan anda akan dibawa pada opsi menu Recovery Mode.
  2. Pilih menu “Wipe Cache Partition”, apabila nantiny muncul pesan konfirmasi, anda bisa pilih “Yes”.
  3. Kemudian "reboot System Now"
  4. Selesai.

C. Wipe Data/ Factory Reset


Dan untuk metode ketiga, anda bisa mencoba melakukan Wipe Data atau Factory Reset (Hard Reset). Cara ini biasa dilakukan pada pada bootloop tipe berat atau Hard Bootloop. Sebelum melakukan Factory Reset, pastikan anda mem-bakcup semua file yang tersimpan di memori Internal dan Eksternal. Dan untuk melakukan backup dan hard reset, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.
  1. Tekan tombol “Power + Volume Down” Secara bersamaan selama beberapa saat sampai muncul LOGO ponsel. Lepaskan kedua tombol yang anda tekan, dan anda akan dibawa pada opsi menu Recovery Mode.
  2. Pilih menu “Backup & Restore”, kemudian pilih “Backup”.
  3. Selanjutnya, anda pilih menu “Wipe Data/ Factory Reset”. Dan apabila pesan notifikasi, anda bisa pilih “Yes”.
  4. Kemudian "reboot System Now"
  5. Selesai.

D. Flashing/ Install Firmware


Dan untuk yang terakhir, anda bisa mencoba melakukan flashing atau Install ROM. Sebelum melakukan cara ini, pastikan anda telah memiliki firmware atau Stock ROM sesuai dengan tipe perangkat Android yang anda miliki. Apabila anda belum memiliki Firmware sesuai dengan tipe perangkat, anda bisa mencari – cari di Google. Ketikkan saja firmware sesuai dengan tipe android yang anda miliki. Dan untuk cara flashing pasti juga berbeda – beda, bisa langsung dari SD Card, Via Odin, Flashing Tool, PC, atau yang lainnya.

Sebagai Contoh silahkan Baca : Cara mudah Flash asus Zenfone Go yang bootlop

Demikianlah artikel saya kali ini, mengenai Cara sederhana Mengatasi Bootloop Pada Android Mudah dan Cepat. Semoga Bermanfaat Terima Kasih
loading...

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih