-->

Cara Mudah Mengatasi Error "Sayangnya ZenUI Launcher telah berhenti" pada hp asus zenfone

Bagi anda yang biasa menggunkan hp android keluaran perusahaan asus zenfone mungkin pernah mengalami yang namanya error dengan munculnya pesan  tiba-tiba berupa dialog window yang dilengkapi tombol OK dengan tulisan "sayangnya ZenUI Launcher telah berhenti" atau "Unfortunately ZenUI Launcher has stopped" atau Sistem UI Telah berhenti (Assus Launcher has stopped).



Pada artikel kali ini sya akan mmbagikan trik Cara Mudah Mengatasi "Sayangnya ZenUI Launcher telah berhenti" pada hp asus zenfone. Error tersebut umumnya muncul ketika si pengguna sedang menggunakan hp assus tersebut, atau kadang muncul ketika si pengguna baru mengaktifkan hp asus zenfone miliknya untuk digunakan.

Hal ini tentu sangat menggangu para penggunanya saat sedang menjalankan aktifitas multitasking. Launcher sama dengan tema atau tampilan, artinya jika Launcher bermasalah pada akan menggangu tampilan atau User Interface dari smartphone Asus itu sendiri. Lalu, apa solusi dari permasalah tersebut, untuk lebih jelasnya silahkan ikuti langkah2 dibawah ini.

Baca Juga : Cara Mengatasi Asus Zenfone 4 Bootloop
Baca Juga : Cara Mengatasi Asus Zenfone 5 Bootloop
Baca Juga : Cara Mudareset Asus Zenfone 2 Via Recovery Mode
Baca Juga : Cara Remove Akun gmail Asus zenfone go x014d 


Cara Mudah Mengatasi "Sayangnya ZenUI Launcher telah berhenti" pada hp asus zenfone


Ada 2 cara yang bisa kita gunakan untuk mengatasi hal tersebut, nah berikut ini merupakan Cara Mudah Mengatasi "Sayangnya ZenUI Launcher telah berhenti" pada hp asus zenfone.


A. Hapus data dan Cache


Untuk cara ini yang bisa anda coba yaitu dengan cara menghapus file sampah dan data aplikasi. Cara ini biasanya manjur dalam mengatasi masalah Launcher atau aplikasi lain. Metode ini bisa anda lakukan jika anda masih bisa menggunakan ponsel dan masih bisa masuk pada menu “Setelan” Android. 

Sebelumnya anda harus tahu bahwa menghapus data aplikasi akan merubah tampilan UI kembali pada posisi default atau awal. Semua setingan anda akan terhapus, basis data hilang, dan cache juga terhapus. 

Adapun langkah2nya adalah sebagai berikut :
  1. Aktifkan Asus zenfone Anda.
  2. Masuk ke menu setelan / pengaturan / settings
  3. Pada menu Settings pilih Menu Apps
  4. Pada halaman Apps, arahkan ke tab All (geser layar kekiri atau ke kanan), lalu  cari Menu ZenUI Launcher / Peluncur ZenUI
  5. Pada halaman Info applikasi untuk ZenUI Launcher, silahkan anda lakukan Clear Cache setelah itu klik tombol Manage space, biasanya akan muncul Dialog Yang meminta anda untuk menghapus app data, tekan saja tombol OK, untuk menghapus data ZenUI.
  6. Tanpa keluar, lakukan restart pada hp android asus zenfone anda.

Dengan cara di atas jika berhasil maka Error Sayangnya zenUI launcher telah berhenti akan bisa teratasi dan tidak akan muncul lagi, selain itu Cara di atas juga bisa digunakan untuk semua merk asus zenfone yang menggunakan ZenUI.

Sebenarnya Apa File Cache Itu? Kata cache itu diambil dari kata crash. Secara istilah file cache dapat diartikan sebagai file sementara (Temporary) yang tersimpan di memori internal Android. Tahukah anda bahwa file cache sangat membantu mempercepat kinerja saat membuka atau menjalankan Aplikasi tertentu. Tapi di sisi lain, file cache juga dapat membuat Android menjadi lebih lemot dan berat.

Sebagai contohnya saat anda membuka aplikasi tertentu maka akan menghasilkan file cache. Di lain waktu anda membuka aplikasi yang sama yang sebelumnya pernah anda buka maka tentunya hal ini akan lebih cepat karena sudah tersedia file cache. Seperti yang saya katakana diatas bahwa file cache yang terlalu banyak atau berlebihan dan terus menumpuk pada memori maka bukannya semakin ringan tapi malah semakin lemot.


B. Factory Reset


Apabila HP Asus anda tidak bisa digunakan sama sekali, bahkan tidak bisa masuk pada menu Setelan maka secara tidak langsung anda juga tidak bisa melakukan metode yang pertama. Metode kedua yang bisa anda coba dalam mengatasi masalah tersebut adalah #Factory Reset melalui Recovery Mode. 

Cara ini akan menghapus aplikasi dan data, serta mengembalikan sistem dan pengaturan pada kondisi awal / pabrikan. Dan untuk melakukannya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

Matikan Smartphone Asus yang anda miliki tersebut. Tekan tombol “Power + Volume Down” secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya anda bisa masuk pada optional Recovery Mode seperti gambar dibawah ini.



Pilih “Factory Reset” untuk me-reset Android anda ke setelan pabrik. Tunggu beberapa saat sampai proses reset selesai.

Dengan cara yang telah saya jelaskan diatas, mudah2an bisa membantu anda dalam mengatasi permasalahn serupa yang pernah saya alami ini, khususnya pada Hp ASUS dengan tipe apapun semoga Hp asus yang anda miliki bisa digunakan lagi. 

Untuk menghindari permasalahan lain dikemudian hari, cobalah untuk melakukan perawatan pada sistem Android anda. Lakukan membersihan file sampah dan scanning virus supaya Smartphone terlihat lebih baik dan lebih aman. Gunakan Aplikasi Cleaner terbaik untuk melakukan scanning pada sistem Android anda.

Demikian lah artikel kali ini mengenai Cara Mudah Mengatasi Error "Sayangnya ZenUI Launcher telah berhenti" pada hp asus zenfonesemoga bisa bermanfaat. Terima kasih
loading...

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih