-->

Cara flash Samsung Galaxy Young GT-S5360 dengan mudah

Sebagai pengguna Hp Android, tentu kita sudah tidak asing lagi dengan perusaahan samsung, salah satu produk keluaran samsung ini yaitu samsung Galaxy Young GT-S5360, ini merupakan angkatan terdahulu dari produk android samsung sebelum banyaknya android-android samsung yang sekarang ini digunakan.

Samsung Galaxy Young GT-S5360 adalah handphone low-entry yang dikeluarkan oleh samsung. Handphone ini sangat cocok bagi kalangan anak muda, karena harganya yang terjangkau. Tapi jangan salah, walaupun harganya murah namun memiliki fitur yang Lumayan.

Samsung galaxy Young GT-S5360 dipersenjatai dengan prosesor 832 MHz dan memori internal sebesar 160 MB. Dan handset ini sudah menggunakan OS android v2.3.5 (Gingerbread), lumayanlah buat main game android walaupun memorinya sangat minim.

Untuk layarnya, GT-S5360 menggunakan TFT capacitive touchscreen, 256K colors. 240 x 320 pixels, 3.0 inches (~133 ppi pixel density) - TouchWiz UI - Touch sensitive controls - Multi-touch input method.

Kelebihan samsung galaxy young GT-S5360
- harga terjangkau dengan fitur yang lumayan
- OS android
- sudah HSDPA

Kekurangan samsung galaxy young GT-S5360
- memori internal sangat kecil
- spek prosesor kurang
- masih menggunakan Os Gingerbread

Meskipun demikian hp Samsung Galaxy Young GT-S5360 merupakan salah satu Hp android yang paling banyak digunakan pada masanya, maklum pada zaman itu masih belum banyak perusahan2 yang bergerak dalam bidang sistem operasi android, tidak seperti sekarang, semakin menjamurnya pasr android maka semakin ketat pula persaingan pasarnya, maka semua perusahaan smartphone terus mengembangkan setiap produknya dan terus berinovasi melahirkan produk unggulanya.



Namun sejatinya sebagus apapun Hp ataupun smartphone yang kita miliki tentu tidak akan terlepas dari yang namanya trouble ataupun permasalahan, baik itu system, hardware ataupun yang lainnya, karena semua perangkat elektronik pasti ada masanya.

Adapun permasalah yang sering terjadi pada sebagian pengguna samrtphone yaitu Hpnya menjadi lemot, sering terjadi error pada banyak aplikasi, ataupun terjadi karena kelalaian kita sendiri seperti lupa kunci password atau lupa pola. Sehingga akhirnya mengharuskan kita untuk melakukan penyegaran kembali pada samrtphone khusunya dalam contoh kali ini yaitu Samsung Galaxy Young GT-S5360 dengan melakukan Flashing/Install ulang.

Maka sesuai dengan permasalahan tersebut pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai Cara flash Samsung Galaxy Young GT-S5360 dengan mudah. Untuk lebih jelasnya menegnai langkah-langkah Cara melakukan flash Samsung Galaxy Young GT-S5360 silahkan untuk membaca artikel ini sampai dengan selesai. 

Cara flash Samsung Galaxy Young GT-S5360 dengan mudah


Cara mudah flash Samsung Galaxy young S5360 adapat dilakukan dengan berbagai acra, namun disini saya hanya akan menggunkan  dua cara saja melakukan flash tersebut terhadap Samsung Galaxy young S5360. dan ke 2 cara tersebut saya jamin bisa berjalan denganlancar asalkan setiap langkahnya diikuti dengan baik dan benar.

Adapun untuk langkah-langkahnya, adalah sebagai berikut :

A. flash Samsung Galaxy Young GT-S5360 Tanpa PC ( Via CMW)


Bahan yang dibutuhkan :
  1. Firmware Samsung Galaxy Young GT-S5360 
  2. fw-flasher 
  3. CWM
Catatan : Untuk mendownloadnya silahkan kalian cari dengan kata kunci tersebut

Langkah persiapan :
  1. Sebelumnya sediakan ruang memory di SDcard minimal 500 MB.
  2. Selanjutnya buat folder bernama firmware di SDcard anda.
  3. Ekstrak file firmware, buka foldernya  dan salin isi file-nya.
  4. Pindahkan isinya (CSC, Modem, PDA) ke dalam folder bernama firmware tadi.
  5. Pindahkan juga file fwinstaler.zip dan CWM.zip ke SDcard langsung (diluar folder)
Adapun langkah-langkah untuk melakukan flash Samsung Galaxy Young GT-S5360 Tanpa PC ( Via CMW) adalah sebagai berikut :
  1. Masuk ke Recovery Mode, tekan/tahan (tombol power + Vol-up + Home)
  2. Pilih apply update from sdcard (untuk geser pakai Vol-down dan Home untuk yes)
  3. Pilih CWM.zip 
  4. Pilih Wipe data/Wipe cache...
  5. Pilih  instal zip from sdcard lagi
  6. Pilih fw-installer-build6.zip, pilih yes dan biarkan proses berjalan (agak lama)
  7. Perhatikan nanti akan muncul script creating flashabel.zip 
  8. Selanjutnya akan membuat file zip baru bernama totoro GT5360.zip
  9. Pastikan sudah Completed lalu kembali dengan menekan tombol Back.
  10. Pilih choose zip from sdcard.
  11. Cari file di sdcard bernama totoro.GT-S5360.zip (biasanya paling bawah) lalu Install.
  12. Tunggu hingga Completed lalu Pilih Reboot System Now
  13. Biarkan/tunggu hingga masuk Home screen.
  14. Jika sudah buka my files anda, cari folder LOST.DIR lalu hapus file di dalamnya.
  15. selesai, matikan cabut baterai dan nyalakan kembali.

B. flash Samsung Galaxy Young GT-S5360 dengan PC ( Via Odin)


Apakah odin itu ? Odin adalah sebuah program yang berfungsi untuk melakukan upgrade atau pemulihan firmware di perangkat samsung, dengan odin kita dapat melakukan flash firmware samsung, Mulai dari samsung Galaxy, Galaxy Ace sampai Galaxy Note sampai dengan sansung galaxy terbaru saat ini.

Bahan yang dibutuhkan :
  1. Download Samsung USB Driver
  2. Download Odin 
  3. Download Firmware GT-S5360 
Catatan : untuk mendownloadnya silahkan kalian cari dengan kata kunci tersebut. Setelah semua anda download, Ekstrak semua file yang sudah anda download tadi, terserah ingin ditaruh dimana dan Install driver yang sudah di ekstrak tadi di computer anda. 

Berikut langkah-langkah melakukan flash Samsung Galaxy Young GT-S5360 dengan PC ( Via Odin)
  1. Matikan Samsung Galaxy Young S5360 anda.
  2. Masuk ke mode download Samsung Galaxy young S5360 dengan cara tekan dan tahan tombol Volume Down + Home + Power secara bersamaan sampai muncul warning!!! dan tekan tombol volume up satu kali untuk melanjutkan ke download mode di Samsung Galaxy young S5360, Sehingga Anda akan melihat tampilan di Samsung Galaxy young S5360 seperti gambar dibawah ini, Samsung Galaxy young S5360 telah masuk ke download mode 
  3. Selanjutnya buka atau jalankan Odin v1.85 yang telah di download dan ekstrak di komputer dan sambungkan Samsung Galaxy young S5360 ke komputer
  4. Pastikan Port ID:COM sudah mendeteksi Samsung Galaxy young S5360 di Odin, Jika Samsung Galaxy young S5360 sudah terdeteksi oleh Odin pada port ID:COM akan terlihat seperti pada gambar warna kuning dibawah ini.
  5. Selanjutnya masukkan masing-masing firmware yang sudah anda download dan ekstrak tadi di Odin
  6. File CSC pada kotak CSC 
  7. File MODEM pada kotak PHONE 
  8. File PDA pada kotak PDA.
  9. Jika semua sudah dipersiapkan dengan benar selanjutnya klik tombol Start untuk memulai proses flash Samsung Galaxy young S5360 menggunakan Odin.
  10. Tunggu proses flash Samsung Galaxy young S5360 sampai selesai.
  11. Jika proses flash Samsung Galaxy young S5360 telah selesai akan muncul tulisan PASS berwarna hijau seperti dibawah ini.

Demikianlah artikel saya kali ini, mengenai Cara flash Samsung Galaxy Young GT-S5360 dengan mudah, semoga bermanfaat. Terima Kasih.
loading...

2 comments:

Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih