-->

Cara Mudah Hard Reset Android yang menggunakan China Recovery Mode

Memang tidak bisa dipungkiri, Perkembangan ponsel saat ini sudah sangat maju. Ponsel yang dulunya hanya sebagai alat komunikasi, kini sudah berkembang menjadi ponsel canggih yang bisa digunakan untuk banyak hal. Ponsel yang dulunya hanya dibuat oleh negara-negara Eropa saat ini sudah bisa diproduksi oleh negara Asia, misalnya China.

Kalau dulu ada pandangan bahwa ponsel buatan China kurang berkualitas karena harganya terlalu murah, sekarang kebalikannya. Kualitas ponsel buatan China kini sudah dapat menyaingi ponsel-ponsel buatan Eropa. 

Strategi mereka sederhana yakni membuat produk bagus, memasarkan melalui gimik-gimik pemasaran secara online, dan menjualnya dengan harga yang disukai pembeli. Di awal kemunculannya, Xiaomi menjadi semacam magnet dalam dunia teknologi global.

Setelahnya, hadir hadirlah dengan merek lainnya dari yaang masih di produksi di china, seperti Oppo dan Vivo meramaikan persaingan. Perusahaan-perusahaan tersebut menggebrak pasar ponsel pintar dunia dengan produk yang selain bagus, juga memiliki harga kompetitif. 

Perusahaan-perusahaan yang telah ada sebelumnya juga tidak mau tertinggal kereta. Mereka mengerek teknologi dan kreativitas untuk membuat produk-produk yang disukai pembeli. Misalnya Huawei yang bekerja sama dengan Leica membuat ponsel berfitur kamera canggih.

Pada akhirnya, dengan semakin banyaknya perusahaan teknologi terutama dari Cina yang kian kreatif dalam melahirkan produk mereka dan terjadi perubahan selera konsumen, yang tadinya enggan menggunkan produk Hp cina sekarang mulai banyak digemari karena harganya yang murah dan di tunjang dengan spesifikasi yang tinggi.


Namun karena hal itu juga tidak jarang kita banyak menemukan masalah pada pembahasaan dimana sudah pasti dalam pemilihan bahasanya automatik akan disematkan bahasa cina sebagaimana asla dari lahirnya ponsel pintar semisal xiaomi ini.

Sebagai contoh hal ini  banyak ditemukan ketika kita ingin melakukan reset pabrik memalui menu recovery, dimana dalam menu tersebut hanya tersedia bahasa Cina dan pastinya sebagian orang indonesia yang menemukan permasalahan ini akan meresa kebingungan.

Berdasarkan permasalahn tersebut pada artikel kali ini, saya akan membahas mengenai Cara Mudah Hard Reset Android yang menggunakan China Recovery Mode. untuk lebih jelasnya silahkan kalian baca artikel ini sampai dengan selesai.

Baca Juga : Memahami Arti Tulisan China pada Recovery Mode Bahasa Cina
Baca Juga : Cara mengatasi Kuningan Slot SIM Card yang Rusak Pada Hp Android
Baca Juga : Cara Mengatasi Layar Android yang bergerak sendiri (Ghost Touch)
Baca Juga : Cara Sederhana Mengatasi Bootloop Pada Android dengan Mudah


Cara Mudah Hard Reset Android yang menggunakan China Recovery Mode


Cara ini dilakukan apabila hp android anda sepenuhnya tidak dalam kontrol anda sebagai penggunanya dalam artian anda tidak bisa membuka kunci layar ataupun mengakses setiap menu yang ada pada Hp anda kemudain anda harus melakukan hard reset pada ponsel tersebut.

Lupa pola kunci pada Android ini dapat dipulihkan dengan masuk ke menu recovery mode, di menu recovery mode Anda dapat melakukan wipe data atau factory reset, dimana wipe data factory reset ini adalah cara untuk memulihkan setelan dan data Android anda ke pengaturan pabrik.

Namun dalam hai ini, yang menjadi permasalahan bukan terleak pada cara melukan prosesnya, namun maslahnya terdapat pada bahasa yang ada pada menu recovery mode itu sendiri, yakni berbahasa china.

Menu recovery mode ini atau lebih di kenal dengan istilah chinese recovery mode dimana recovery ini biasanya terdapat pada pada hp yang dibuat di Cina, seperti Advan, iaomi, vivo dan lain sebagainya. sebagai contoh chinese recovery mode  ini saya temukan ketika melakukan hard reset pada Android advan i5c dimana recovery modenya memiliki bahasa cina.

Adapaun cara  melakukan Hard Reset Android yang menggunakan China Recovery Mode adalah sebagai berikut :


  1. Pastikan HP Android anda dalam kondisi mati atau tidak aktif serta terisi batre sekita 50 % ke atas
  2. Umummnya dengan menekan tombol “Power + Volume Down” secara bersamaan selama beberapa kita akan langsung di bawa ke menu  “Chinese recovery mode”. 
    China Recovery Mode
  3. Sekarang pilih 擦除e MMC = Erase e EMMC untuk melakukan Wipe data/factory reset dengan menekan tombol Volume untuk navigasi dan konfirmasi dengan tombol power.
    Wipe data/reset Factory

  4. Jika sudah selesai yang terakhir pilih  重启手机   =  Reboot Phone untuk melakukan restart atau melakukan booting.
    Reboot System
  5. Proses booting biasanya membutuhkan waktu lebih kurang sekitar 5 menit tergantung dari kondisi hp nya juga. 
  6. Jika Prosessnya selesai sekarang hp anda sudah kembali ke setelan pabrikny sma seperti saat anda membelinya.
Baca Juga :

  1. Cara Hard Reset Evercoss A7S* Star dengan Mudah
  2. 2 Cara sederhana Reset Hp Advan S5F Paling Mudah


Penting !! Yang perlu diperhatikan sebelum melakukan Hard reset ini, silahkan anda backup terlebih dahulu semua data yang ada pada Hp android anda dengan memindahkannya kedalam laptop karena pada dasarnya dengan melakukan Hard reset ini semua data dan aplikasi akan hilang khusunya data yang tersimpan pada memory internal anda.

Demikianlah artikel saya kali ini mengenai Cara Mudah Hard Reset Android yang menggunakan China Recovery Mode, semoga bisa menjadi solusi buat anda yang memiliki permasalah sepeerti yang saya utarakan diatas. Terima Kasih.
loading...

25 comments:

  1. Gan ..kenapa hp xiomi sya hbis ngikutin cara di atas..tp msih muncul logo

    ReplyDelete
  2. makasih bngt um jadi idup lg hp ku, cuma buat sms sih tp penting isi sms ya

    ReplyDelete
  3. Kalau tombol power gk bs gmnaa

    ReplyDelete
  4. terimakasih gan sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  5. Kalauh ga ada tulisan e MMC nya cuman ada tulisan PCBA gimana

    ReplyDelete
  6. Berarti aplikasi WA tercopot yh

    ReplyDelete
  7. bahasa nya juga sama seperti semula kita beli hp nya gan?

    ReplyDelete
  8. Tetap ga bisa gan cara lain ada

    ReplyDelete
  9. Terimakasih.postingannya membantu sekali.

    ReplyDelete
  10. Tks..postingannya sangat membantu sekali

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih