-->

Cara memaksimalkan penggunaan google playstore pada Android

Bagi setiap pengguna android tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya google playstore. Google Play atau lebih dikenal Playstore adalah layanan konten digital milik Google yang melingkupi toko daring untuk produk-produk seperti musik/lagu, buku, aplikasi, permainan, ataupun pemutar media berbasis penyimpanan. 

Layanan ini dapat diakses baik melalui web, aplikasi android (Play Store), dan Google TV. Konten yang telah dibeli tersedia pada seluruh platform-platform di atas Google Play mulai dikenalkan pada bulan Maret 2012 sebagai pengganti dari Android Market dan Layanan Musik Google.


namun terkadang ada saja permasalah yang terjadi saat menggunkan google play itu sendiri misalnya error pada google playstore ataupun hal lainnya. lalu bagaiman Cara Memaksimalkan Penggunaan Google Play Store pada android tersebut ?

Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai Cara memaksimalkan penggunaan google playstore pada Android . seperti yang telah saya ulas di atas, Google play Store merupakan sebuah aplikasi besutan google, dimana fungsi dari aplikasi ini adalah untuk tempat kita bisa mengunduh aplikasi aplikasi yang kita perlukan. 

Tak hanya itu google play juga berguna untuk memantau aplikasi apa saja yang pernah kita unduh sebelumnya. Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara memaksimalkan penggunaan google play, agar lebih efisien dalam penggunaanya. Berikut ini cara memaksimalkan kinerja google play.

Cara memaksimalkan penggunaan google playstore pada Android 


Berikut merupakan Cara memaksimalkan penggunaan google playstore pada Android sehingga layanan google playstore dapat kita nikmati sebagai mana mestinya sesuai dengan yang kita harapkan.


A. Cek Daftar Aplikasi Pada Google Plasystore


Google play store memiliki fitur My Apps, dimana kita bisa melihat aplikasi apa saja yang sudah kita unduh sebelumnya, serta kita juga bisa melihat aplikasi apa saja yang perlu kita update. Ada pula halaman khusus untuk melihat semua aplikasi milik kita yang belum terinstal di perangkat tersebut.



Caranya yaitu :
  1. Buka Google Play Store 
  2. klik icon Menu di pojok kiri atas (3 baris horizontal)  
  3. klik My Apps & Games. 
  4. Jika ingin meng-update beberapa aplikasi sekaligus, Google Play Store menyediakan fitur Update All.

B. Mematikan Update Otomatis Pada Google Plasystore


Pada dasarnya setinggan dari google playstore akan terupdate otomatis ketika ada jaringan yang masuk. sehingga menyebabkan kebanyakan dari kita merasa jengkel dengan salah satu fitur ini, yaitu update otomatis, saat fitur ini menyala maka akan secara otomatis mengupdate aplikasi yang memerlukan update, hal ini bisa menguras kuota internet kita. 

Maka dari itu silahkan atur supaya hanaya update otomatis ketika mendapat jaringan wifi sehingga tidak akan berpengaruh terhadap kuota yang kita miliki. karena Memang ada opsi untuk menjalankan update hanya ketika terhubung ke WiFi.


Adapun cara menonaktifkan auto update adalah sebagai berikut :
  1. Buka Google Play Store 
  2. Klik icon Menu 
  3. Masuk ke Settings 
  4. lalu klik Auto-update Apps
  5. Pilih opsi yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu.


C. Aktifkan Fitur Parental Controls


Fitur satu ini sangat cocok digunakan bagi para orang tua untuk mengawasi dan menjaga anak-anaknya, karena tidak semua aplikasi di Google Play Store cocok digunakan anak-anak. Karena itu, jika kita tidak ingin adik/anak kita mengunduh aplikasi yang belum sesuai dengan usia mereka–contohnya gim penuh adegan kekerasan atau aplikasi dating untuk orang dewasa–aktifkan saja fitur Parental Control.



Berikut cara mengaktifkan Fitur Parental Controls
  1. Buka Google Play Store 
  2. Klik icon Menu di pojok kiri atas 
  3. Pilih Settings 
  4. Pilih Parental Controls lalu aktifkan.

Lalu kita akan diminta membuat PIN rahasia. Setelah itu, kita bisa memilih aplikasi mana saja yang wajib masuk dalam daftar ‘aplikasi terlarang’ untuk anak.

D. Menambah Opsi pembayaran Pada Google Playstore


Untuk fitur ini, kita bisa menambah metode pembayaeran yang kita inginkan untuk membeli aplikasi di play store, contohnya kita bisa menambah opsi credit card atau dengan memotong pulsa kita.






Berikut cara menambahkan Opsi pembayaran Pada Google Playstore
  1. Buka Google Play Store 
  2. Klik icon Menu lalu masuk ke Account 
  3. Pilih Payment Methods

E. Cegah Aplikasi Baru Membuat Ikon di Home


Jika kita baru memasang aplikasi dari Google Play Store, secara otomatis akan ada shortcut berupa ikon untuk membuka aplikasi tersebut langsung dari Home.

Jadi, kita tidak perlu repot menelusuri App Drawer untuk mencarinya. Memang praktis, tapi mungkin tidak semua orang ingin halaman Home di smartphone-nya dipenuhi ikon-ikon dari berbagai macam aplikasi.



Berikut Cara mencegah Aplikasi Baru Membuat Ikon di Home :
  1. Buka Google Play Store 
  2. Pilih icon Menu dan masuk ke Settings 
  3. Lalu hilangkan tanda centang pada Add Icon to Home Screen.

F. Memasang Aplikasi yang Tidak Tersedia di Wilayah Anda


Di antara Anda mungkin pernah ada yang mengalami kesulitan saat mengunduh aplikasi. Karena ternyata, aplikasi yang Anda inginkan hanya tersedia di wilayah tertentu. Sebenarnya, Anda tetap bisa mengunduhnya. Namun tentunya dengan sedikit usaha.

Anda bisa memanfaatkan Virtual Private Network (VPN). VPN merupakan layanan yang membuat Anda seakan-akan mengakses internet dari lokasi atau negara lain. Jadi, Anda bisa memanfaatkan layanan ini untuk ‘menyembunyikan’ posisi Anda sebenarnya. Namun sebagai catatan, unduhlah layanan VPN yang sudah tepercaya.


G. Melihat-Lihat Kolom ‘Indie Corner’


Bosan dengan game yang ditawarkan pengembang besar? Jika iya, tidak ada salahnya jika Anda melihat-lihat kolom ‘Indie Corner’ di Play Store. Jika kesulitan menemukannya, Anda cukup mengetik ‘Indie Corner’ pada laman pencarian Google. Biasanya, hasil pencarian pertama yang muncul adalah ‘Discover Indie Corner’ dari Google Play.


Demikianlah artikel saya akali ini, mengenai Cara memaksimalkan penggunaan google playstore pada Android, Semoga bermanfaat. Terima Kasih.
loading...

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih