-->

Cara sederhana Mengatasi “Sayangnya BBM Telah Berhenti” pada Android

BBM (Blackberry Messenger) adalah Sosial Messenger terkenal yang pertama kali dikenalkan oleh perusahaan smartphone bernama Blackberry. sehingga pada awalnya Aplikasi BBM ini hanya bisa dinikmati oleh para pengguna Hp Blackberry, hal ini wajar saja karena melihat dari namanya saja BBM yaitu Blackberry Messenger sudah pasti aplikasi BBM ini hanya punya Blackberry. 

Namun kini BBM telah beli lisensinya oleh pihak google sehingga tidak hanya pengguna Blackberry saja yang bisa menikmatiknya tapi seluruh pengguna smartphone berbasis android juga sudah bisa menikmati aplikasi BBM ini.

BBMm dikenal dengan messenger yang simple, unik, dan mudah. hampir 80% pengguna BBM Android berada di Indonesia, hal ini bisa terjadi karena Indonesia sendiri mayoritas penduduknya banyak yang menggunakan smartphone tipe Android yang secara langsung telah tersedia aplikasi BBM.

BBM Merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk bertukar pesan, dengan orang yang dikenal, baik itu berupa pesan text, gambar, suara ataupun hal lalinnya. sama halnya dengan whatsapp aplikasi BBM ini juga banyak digunakan oleh para pengguna android untuk melakukan aktifitas bertukar informasi tersebut.

Namun seiring dengan banyaknya tools yang di tambahkan oleh pihak pengembang supaya para penggunanya lebih merasa nyaman dalam memnggunkan aplikasi BBM ini, kadang sering terjadi error yang dialami dalam aplikasi ini.



Adapaun error yang sering dialami para penggunan aplikasi BBM di android ini salah satunya yaitu sering muncul dialog windows “Sayangnya BBM Telah Berhenti” tentu hal ini sangat menyebalkan sekali, terlebih kita sedang menggunkanya dalam keadaan yang sangat penting atau darurat sekali.

Berdasarkan pengalaman akan hal tersebut, maka pada artikel kali ini, saya akan berbagi Tips mengenai Cara sederhana Mengatasi “Sayangnya BBM Telah Berhenti” pada Android. untuk bisa mengetahui cara-caranya silahkan anda bisa membaca artikel ini sampai dengan selesai.

Cara sederhana Mengatasi “Sayangnya BBM Telah Berhenti” pada Android


Sebelum kita mengetahui Cara sederhana Mengatasi “Sayangnya BBM Telah Berhenti” pada Android ada bebarapa hal yang perlu kita ketahui mengapa BBM menjadi Error Atau Tidak Bisa Dibuka. Hal ini terjadi karena penumpukan cache yang berlebihan, memori penuh, ada file BBM yang hilang/ rusak, dan lainnya.


1. Bersihkan File cache pada smrtphone anda


File-file yang menumpuk pada RAM ataupun internal memori di HP android kita bisa menyebabkan HP android kita semakin berat, biasanya file cache yang menumpuk disebabkan banyaknya aplikasi yang berjalan dan cache aplikasi tersebut memenuhi RAM dan menyebabkan error pada aplikasi tertentu.

Hal ini menyebabkan BBM yang sedang anda gunakan menjadi error, untuk mengatasi penumpukan cache ini tidak sulit anda hanya perlu membersihkannya saja adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Buka menu Pengaturan 
  2. Setelan Tambahan 
  3. Manajemen Aplikasi 
  4. Cari “BBM” 
  5. Kemudian tap “Hapus Cache”.

2. Menghapus data pada aplikasi BBM di android anda


Cara ini dilakukan dengan catatan anda tidak lupa dengan password pada Blacberry ID anda karena dengan menghapus data pada aplikasi BBM ini  anda akan diminta untuk memasukan username dan password ketika kembali membuka aplikasi BBM sesaat setelah penghapusan data dilakukan.

Dengan menghapus data pada aplikasi BBM maka ketika anda membukanya lagi semua akan terasa seperti pertama kali menginstallnya. Adapun cara untuk menghapus data pada aplikasi BBM adalah sebagai berikut :
  1. Buka menu Pengaturan
  2. Setelan Tambahan
  3. Manajemen Aplikasi 
  4. Cari “BBM” 
  5. Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.


3. Menguprgrade BBM ke versi baru


Cara ini terbilang sangat mudah dan ampuh yaitu dengan mengupdate BBM ke versi yang lebih tinggi maka kerusakan dan bugs pada aplikasi BBM di versi sebelumnya akan hilang dan masalah pada aplikasi BBM yang error pun akan ikut hilang karena aplikasi BBM anda telah diupgrade ke versi lebih baru, anda bisa mengupgrade BBM terbaru di google playstore secara gratis. adapun caranya yaitu :
  1. Buka Google Play Store
  2. Kemudian cari aplikasi “BBM” 
  3. Kemudian tap “Update” dan “Terima”.


4. Reset Factory Hp Android Anda


Jika semua cara telah anda lakukan tapi masih belum mebuahkan, hasil maka langkah selanjutnya yaitu dengan meret factory Hp android, ini dilakukan karena da kemungkina simtem pada hp android anda lah yang mengalami masalah, maka dengan melakukan reset factory ini akan mengemabalikan semua fungsi sistem kembali ke setelan pabrik saat anda pertama kali membelinya. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Pastikan Hp anda dalam keadaan hidup dan tentunya bisa mengakses menu pengaturan/Setelan
  2. Selanjutnya Pilih setelan Tambahan
  3. Pilih Cadangkan & Setel Ulang
  4. Kemudian Tap Kembalikan Kesetelan Pabrik


Sebagai catatan cara melakukan reset factory ini mungkin akan berbeda pada setiap jenis merek hp, amka dari itu silahkan anda sesuaikan cara melakukan rest factory ini, disini saya melakukannya pada hp android merek xiaomi.

Penting !! Yang perlu diperhatikan sebelum melakukan reset factory ini, silahkan anda backup terlebih dahulu semua data yang ada pada Hp android anda karena pada dasarnya dengan mealkukan reset factory ini semua data dan aplikasi akan hilang khusunya data yang tersimpan pada memory internal anda.

Demikianlah artikel saya kali ini, mengenai Cara sederhana Mengatasi “Sayangnya BBM Telah Berhenti” pada Android, semoga bermanfaat. Terima kasih.
loading...

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih