-->

Cara Mudah Mengatasi Papan Keyboard Yang Tidak Muncul Pada Hp Android

Makin canggih Hp/Ponsel, makin rentan juga terhadap error atau permasalahan terutama pada Aplikasi atau Perangkat Lunak/Software. Salah satu permasalahan yang sering muncul pada Hp/Ponsel android adalah tidak muncul nya atau tidak tampilnya papan ketik/keyboard. 

Bagaimana tidak, saat ini hampir semua smartphone sudah menggunakan teknologi touch screen untuk layarnya, dengan adanya teknologi ini desain hp pun ikut berubah sangat jauh berbeda dengan desain hp yang awalnya menggunakan tombol keybord sebagai bagian dari Hpnya.

Desain hp saat ini umumnya tidak lagi dilengkap dengan perangkat keyboard atau papan ketik, sehingga ukuran layar hp pun menjadi sangat lebar, bahkan hampir menutupi seluruh permukaan hp. dan tentunya hal ini menyebabkan rentann terjadinya error karena pemukaan layar yang tipis dan juga sistem touch screen yang sangat sensitif.

Maka dari itu sering terjadinya error dimana papan keryboard tidak muncul pada android kita. Masih mending kalau Hp tersebut menggunakan dua papan ketik/keyboard dengan keyboard manual. Sehingga dalam keaadan tertentu kita bisa menggunakannya, meskipun kita sudah terbiasa dengan papan tombol virtual tersebut.



Keyboard virtual ini akan muncul secara otomatis dari bagian bawah lanyar ketika penguna android melakukan aktivitas yang memerlukan keyboard, seperti ketika hendak akan mengetikan pesan dan aktivitas serupa lainnya, dan keyboard akan menghilang secara otomatis ketika pengguna tidak akan menggunakannya lagi.

Keyboard virtual memang cukup efectif dan lebih praktis bagi pengguna, dimana layar hp pun menjadi lebih lebar, tapi selain itu kadang beberapa penggunaan keyboar virtual juga bisa memiliki masalah ketika keyboar virtual mengalami error dan tidak bisa digunakan, seperti munculnya error Sayangnya Keyboard Android (AOSP) Telah Berhenti dan error lainnya, sehingga pengguna akan merasa kesulitan untuk melakukan pengetikan.

Pada permasalahan ini, keyboard sama sekali tidak muncul pada layar berbeda halnya dengan error input pada keyboard. Error input keyboard biasanya ditandai dengan huruf/angka yang tampil pada layar tidak sama dengan yang dipijit pada keyboard. 

Berdasarkan hal tersebit, pada artikel kali ini, saya akan menguraikan mengenai Cara Mudah Mengatasi Papan Keyboard Yang Tidak Muncul Pada Hp Android . untuk lebih jelasnya kalian bisa membaca artikel ini sampai selesai.

Cara Mudah Mengatasi Papan Keyboard Yang Tidak Muncul Pada Hp Android 


Biasanya permasalahan ini terjadi pada keyboard virtual yang disebabkan oleh masalah perangkat lunak atau software, baik itu sistem androidnya yang rusak atau karena aplikasi sistem keyboardnya yang bermasalah. adapun langkah-langkah untuk mengatasinya adalah sebagai berikut :

A. Hapus data dan Cache Aplikasi sistem Keyboard


Cara ini bisa anda lakukan untuk mengembalikan keyboard hp adroid anda seperti semula adalah dengan cara menghapus cache dan data untuk aplikasi keyboard yang digunakan oleh perangkat anda. adapun untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Aktifkan hp android anda, lalu masuk ke menu Settings / setelan  / pengaturan
  2. Di halaman pengaturan, cari menu App/apl / Aplikasi terinstal
  3. Menu tersebut dibeberapa merk hp memang sedikit berbeda, silahkan di cari saja di halaman settings / setelan. pasti ada.
  4. Pada Halaman berikutnya cari aplikasi keyboard, disini hp saya menggunakan keyboard swiftkey sebagai keyboard virtualnya. Sebagai catatan yang perlu anda ketahui adalah semua plikasi keyboard pada setiap merk hp satu dengan yang lainnya, tentu akan berbeda maka dari itu untu melakukan cara ini anda tinggal sesuaikan saja dengan merek Hp yang anda miliki misalanya Hp Asus namanya Keyboard Asus, di samsung namanya Samsung Keyboard, dan lain sebagainya.
  5. Tap pada aplikasi keyboard, maka anda akan masuk ke halaman info Aplikasi untuk keyboard silahkan anda tekan tombol Clear Cache dan Tekan juga tombol Clear Data. 
  6. Setelah melakukan itu silahkan anda restar hp anda dan coba kembali apakah keyboar virtuanya sudah kembali normal atau tidak.


B. Mendownload Keyboard dari Google playstore


Banyak sekali alternatif keyboard virtual yang disediakan pada google playstore, jika cara pertama belum bisa mengatasinya maka silahkan anda mendownload aplikasi keyboard virtual yang ada di google playstore.

Selain bisa menjadi alternatif pengganti Keyboard baawaan sistemnya, keyboar dari pihak ke 3 ini juga terlihat lebih menarik dari segi visualnya karena sudah disematkan beberapa tema pada keyboardnya sehingga lebih mempercantik tampilan Hp anda. Adapun caranya sangat mudah sekali :
  1. Silahkan masuk ke google playstorenya
  2. Ketikan kata kunci Keyboard
  3. kemudian pilih keyboard yang sesuai dengan keingin anda disini saya memilih go Keyboard
  4. Pilih Instal
  5. Tunggu sampai proses download selesai
  6. Setelah selesai di download keyboard virtua barupun siap digunkaan.


C. Reset Factory HP Android


Jika cara pertama dan kedua masih belum bisa mengatasi permasalah anda mengenai papan ketik yang tidak muncul, mungkin ada permasalahan pada sistem androidnya, maka jika demikian berarti anda harus meret hp anda ke setelan pabriknya.

Fungsi dari pada Reset Factory ini, yaitu mengembalikan semua fungsi sistemnya kembali ke setelan pabriknya saat pertama kali anda membelinya. Sebagai contoh disini saya menggunkan Hp Xiaomi, karena setiap hp mungkin memiliki cara yang berbeda. Adapun langkah-langkahnya yaitu :
  1. Pastikan Hp dalam keaadaan hidup
  2. Batrei minimal 50 % ketas
  3. Masuk ke Menu setelan
  4. Selanjutnya Pilih setelan Tambahan
  5. Pilih Cadangkan &Setel Ulang
  6. Kemudian Tap Kembalikan Kesetelan Pabrik



Demikianlah artikel kali ini, mengenai Cara Mudah Mengatasi Papan Keyboard Yang Tidak Muncul Pada Hp Android, semoga bermanfaat khsusnya untuk teman-teman yang sedang mencari solusi cara mengatasi maslah papan keyboard uang tidak muncul. Terima KAsih
loading...

1 comment:

Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih