-->

Cara Mudah Menjadikan hp Android Xiaomi sebagai modem Wifi untuk Laptop dan PC

Internet di masa kini bagaikan sudah menjelma menjadi kebutuhan primer yang setara dengan makanan, pakaian, dan tempat tinggal. Tanpa adanya akses internet, rasanya kehidupan seseorang belum benar-benar hidup. Internet membuka cakrawala manusia, sebagai sarana yang mampu memberitahu manusia tentang berbagai hal yang ada di kota lain, negara lain, bahkan benua lain.

Hampir segala kalangan usia kini juga membutuhkan internet. Para orangtua dimudahkan mencari hiburan untuk anak balitanya menggunakan internet, siswa dan mahasiswa membutuhkan internet untuk mendukung proses belajar-mengajarnya, hingga para pekerja kantoran yang memanfaatkan internet untuk keperluan bisnisnya. Lasta apakah internet itu ?

Internet (interconnection networking) sendiri adalah jaringan komunikasi global yang terbuka dan menghubungkan jutaan bahkan milyaran jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, satelit dan lain sebagainya. 

Awalnya internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969 melalui sebuah proyek yang disebut dengan ARPANET. Misi awal dari proyek ini awalnya hanya untuk keperluan militer saja, tetapi lambat laun terus berkembang dan bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Pada awal perkembangannya, Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sebuah jaringan yang bertujuan untuk menghubungkan komputer-komputer yang ada di berbagai daerah, sehingga memungkinkan penyimpanan data di banyak tempat dan jika terjadi kondisi perang, data yang dimiliki oleh Amerika tidak mudah bocor ke tempat lain.

Terciptanya internet telah membawa perubahan yang sangat berarti dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Selain itu, internet juga telah melahirkan dunia baru yang memiliki pola, corak sekaligus karakteristik yang berbeda dengan dunia nyata.


Sesuai dengan ulasan tersebut kali ini saya akan membagikan Cara Mudah Menjadikan hp android xiaomi sebagai modem portable internet. Buat anda pengguna Xiaomi tentu akan sangat tertarik untuk mencoba hal ini. 

Dengan cara ini, anda yang menggunakan laptop/komputer sebagai aktifitas sehari – hari dan ingin tetap terhubung ke Internet, maka perangkat Xiaomi mampu membantu melakukannya. kenapa demikian ? karena kebanyakan orang yang ingin mendapatkan internernet pasti akan menyewa jasa layanan Internet service provider (ISP) dan tentunya harganyapun tergolong mahal.

Maka dari itu ini menjadi salah satu solusi yang bisa anda digunakan untukmengatasi hal tersebut yaitu dengan menggunakan perangkat / hp android khususnya yang saya gunakan kali ini merupakan android keluaran Xiaomi, karena hampir semua perangkat mobile dengan sistem operasi android sudah memiliki fitur khusus yang cukup bermanfaat untuk terhubung ke internet.

Dengan fitur tersebut selain anda bisa langsung berinternetan melalui hp tersebut, anda juga bisa menggunakan hp tersebut seperti layaknya sebuah modem internet, sehingga anda bisa menghubungkan komputer laptop atau perangkat hp android lainnya ke internet lewat perantara hp android anda, baik menggunakan media kabel USB, maupun menggunakan jaringan hotspot WIFI.


Cara Mudah Menjadikan hp android xiaomi sebagai modem Wifi untuk Laptop dan PC


Kini smartphone Android, khususnya Xiaomi mampu menggantikan banyak perangkat, salah satunya Modem. Dulunya, tanpa Modem atau Sinyal WiFi, Laptop atau Komputer tidak bisa terhubung ke Internet. Tetapi sekarang dengan adanya perangkat Android semuanya bisa dilakukan. HP Xiaomi bisa menjadi alternatif Modem, diantaranya seperti Bluetooth Teathering, USB Teathering, dan Hotspot. adapun untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut : 


A. Android Xiaomi sebagai modem Wifi melalui Hotspot Portable (Wifi)


Mendapatkan Jaringan internet dari Perangkat android via Hotspot Pribadi (Wfi) banyak dipilih karena penggunaannya yang lebih praktis tanpa harus menggunakan kabel data / usb, Anda bisa mencoba dengan cara paling mudah ini. Cara ini tentu sudah sangat sering dilakukan pada para pengguna HP Android, baik Samsung, OPPO, Lenovo, ASUS, Huawei, HTC, LG, SONY, Xiaomi, ataupun yang lainnya. 

Adapun langkah-langkah menjadikan  Android Xiaomi sebagai modem Wifi melalui Hotspot Portable (Wifi) adalah sebagai berikut :
  1. Aktifkan terlebih dahulu Hotspot di HP Xiaomi yang anda miliki. 
  2. Silahkan Masuk pada menu Setelan lalu pilih Hotspot Pribadi, lalu aktifkan “Hotspot Portabel” (Tanda Biru artinya aktif). Jika anda ingin Setting nama dan kata sandi, anda bisa atur sesuai keinginan anda.
    Mengaktifkan Hotspot Portable
  3. Kemudian untuk menghubungkannya cukup mudah, anda tinggal klik “Connect” saja seperti yang terlihat pada screenshot dibawah ini.
    Mengkoneksikan Laptop dengan Wifi
  4. Untuk hasil yang maksimal, pastikan sinyal yang tersedia pada kondisi 4G dan pastikan juga posisi anda berada pada area jaringan 4G.
  5. Selesai.


B. Android Xiaomi sebagai modem Wifi melalui USB Teathering


Selanjutnya yaitu dengan menggunakan Android Xiaomi sebagai modem Wifi melalui USB Teathering atau Penambatan USB. cara ini tentunya anda membutuhkan Kabel USB untuk menghubungkannya ke Laptop/PC. Adapun untuk langkah-langkahnya dalah sebagai berikut :
  1. Sambungkan kabel USB anda, antara HP Xiaomi dengan port USB di laptop anda. 
  2. Pastikan Hospot Portable dalam keadaan Aktif
  3. Selanjutnya, masuk pada menu Setelan lalu Lainnya, lalu aktifkan “Penambatan USB” (Tanda merah artinya aktif).
    Penambatan USB Aktif
  4. Dan untuk menghubungkannya, anda masuk saja pada area jaringan di laptop anda. Kemudian “Hubungkan”.
  5. Pada bagian ini biasanya Laptop otomatis akan terhubung, tanpa kita harus menghubungkannya.
    Internet Sudah Terhubung
  6. Selesai.


C. Bluetooth Teathering


Cara ini hanya bisa terhubung pada satu Laptop atau PC saja. Hampir sama dengan Hotspot. Tapi sebelumnya, pastikan Laptop anda support atau sudah tersedia Bluetooth, jika belum maka tentunya metode ini tidak bisa anda lakukan. Dan untuk langkah – langkahnya, silahakan perhatikan dibawah ini :
  1. Aktifkan Perambatan Bluetooh di HP Xiaomi yang anda miliki. Masuk pada menu Setelan » Lainnya, lalu aktifkan “Penambatan Bluetooth” (Tanda Biru artinya aktif).
    Penambatan Bluetooth Aktif
  2. Dan untuk menghubungkannya di Laptop, anda bisa masuk pada opsional “Bluetooth & Other Device” di Laptop yang anda miliki. Aktifkan “Bluetooth” dan Pilih “Add Bluetooth & Other Device”.
  3. Selanjutnya, anda pilih “Bluetooth” pada bagian paling atas. Kemudian nantinya perangkat akan menemukan Device anda.
  4. Selanjutnya, anda coba koneksikan antara Laptop dengan HP Xiaomi anda. Yang pertama, lakukan pada HP Xiaomi untuk mengizinkan, dan barulah pada Laptop.
  5. Samapai proses ini berjalan lancar berarti anda berhasil melakukannya
  6. Perlu diperhatikan bahwa Metode theathering via Bluetooth antara Laptop dengan HP terbilang cukup ribet dan terkadang gagal. Untuk lebih mudahnya, bisa dengan cara lain seperti USB atau Hotspot saja.

Semua cara diatas dapat anda terapkan pada semua perangkat Android baik itu, lenovo, samsung sony dan sebagainya karena secara umum prossnya pasti sama saja. 

Namun kali ini langkah yang saya sajikan akan lebih sesuai bila diterapkan pada android Xiaomi seperti Xiaomi Mi4s, Mi4c, Mi4i, Mi4, Redmi 1S, Mi3, Redmi Note, Note 2, Note 3, Redmi Note 4, Note 4X, Note 4 Pro, Xiaomi Redmi 2, Xiaomi Redmi 4, Redmi 4A, Redmi 4X, Redmi 4 Prime, Xiaomi Redmi Note 4, 4 Pro, 4 Snapdragon, Xiaomi Mi2A, Mi2S, Mi2, Mi1S, Mi Pad 2, Xiaomi Mi Note, Mi Note Pro, dan masih banyak lagi. Jika ada sedikit perbedaan dari cara-cara diatas, maka anda tinggal menyesuaikannya saja.

Demikianlah ulasan pada artikel saya kali ini, mengenai Cara Mudah Menjadikan hp Android Xiaomi sebagai modem Wifi untuk Laptop dan PC. Semoga bermanfaat, terima Kasih.
loading...

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih