-->

Cara mengatasi Kuningan Slot SIM Card yang Rusak Pada Hp Android

SIM Card atau kartu sim merupakan bagian penting dari penggunaan sebuah smartpone dimnan SIM Card ini berupa produk operator selluler yang digunakan untuk berbagai keperluan seperti telpon, SMS, maupun internet. 

Simcard atau kartu sim bisa disebut juga microchip yang  dipasang di ponsel atau perangkat lainnya untuk digunakan. Jadi jika simcard saja tentu tidak bisa digunakan oleh karena itu memerlukan perangkat yang menyediakan slot sim card seperti ponsel, modem dan lain sebagainya.

Pada Saaat ini ada 2 jenis Slot SIm Card yang bisa kita temui yakni :
  1. Hybrid Slot SIM, Hybrid Slot itu ialah Slot SIM Card jenis baru, ada dua slot yang disediakan,bisa digunakan untuk dual sim card alias semuanya untuk kartu sim, bisa juga digunakan untuk satu sim card dan slot micro sd.
    Hybrid Slot SIM
  2. Dedicated Slot SIM, mirip dengan hybrid slot,dari sisi desain slot sim juga sangat mirip,hanya saja slot dedicated tidak memiliki kekurangan seperti hybrid sim sebelumnya. bisa di bilang dedicated slot di hp android adalah jenis slot dual sim+memori card di buat pembaharuan dari hybrid sim,yang memiliki fungsi sama yaitu satu slot untuk semua ( sim 1 sim 2 dan ekternal memori card). kelebihan dari dedicated slot di hp android adalah bisa langsung menggunakan dual sim dan memori card.ukuran sim di gunakan adalah nano sim + nano sim
    Dedicated Slot SIM


Namun msekipun Penggunaan Slot SIM Card Sudah memilkik kecanggihan yang luar biasa, tetap saja yang namanya barang pasti ada masa dimana barang tersebut tidak mungkin bertahan selamanya. seperti halnya yang terjadi pada slot SIM Card ini, dimana pada beberapa kasus sering terjadi kerusakan pada Kuningan Slot SIM card sehingga kartu SIM hp/androd tidak terbaca dan akibatnya hp tersebut tidak bisa digunakan untuk aktifitas telpon, SMS, maupun internet.

Berdasarkan Hal tersebut, pada artikel kali ini saya akan membahasa mengenai Cara mengatasi Kuningan Slot SIM Card yang Rusak. tntunya hal tersebut bisa saja terjadi pada  semua penggunan android tanpa terkecuali. untuk lebih jelasnnya silahkan baca terus artikel ini sampai selesai.

Cara mengatasi Kuningan Slot SIM Card yang Rusak Pada Hp Android


Sebelum kita masuk ke cara-cara mengatasi Kuningan Slot SIM Card yang Rusak Pada Hp Android, sebaiknya kita terlebih dahulu harus mengetahui apa yang menyebabkan kuningan Slot SIM Card Pada Hp Kita menjadi Rusak. Adapun penyebabnya adalah sebagai berikut :

A. Penyebab Hp tidak bisa membaca kartu Sim


1. Kartu Rusak
Kartu rusak atau Sim card rusak bisa saja menyebabkan Hp tidak bisa membaca kartu Sim. Untuk mengidentifikasi masalah ini, silakan Anda masukkan kartu sim ke hp lain. Jika semua hp tidak bisa membaca kartu sim berarti kerusakannya ada pada kartu sim. Solusi dari masalah ini silakan Anda ganti kartu sim dengan kartu Sim yang baru.

2. Program Ponsel
Rusaknya program yang disebabkan oleh virus bisa saja menyubabkan driver sim card rusak yang mengindikasikan bahwa hp tidak bisa membaca kartu Sim. Solusi dari masalah ini adalah silakan Anda program ulang ponsel Anda atau biasa disebut dengan flash Hp

3. Konektor sim card rusak
Konektor sim card rusak seperti konektor sim card patah, kuningan slot sim card patah bisa saja menyebabkan hp tidak bisa membaca kartu Sim. Untuk uraiannya lebih detil silakan lebih lanjut membaca.


B. Konektor sim card patah


Konektor atau sambungan perupakan seperangkat alat penghubung dari satu perangkat ke perangkat lainnya sedangkan konektor sim card adalah alat penghubung dari ponsel ke sim card berupa lapisan kuningan yang yang tersusun rapi. Dengan konektor sim card barulah kartu sim bisa dibaca oleh ponsel atau hp.

1. Kuningan Slot Sim Card Patah
Untuk mengatasi kuningan slot sim card patah adalah dengan cara mengganti konektor sim card tersebut. Konektor tersebut akan diangkat menggunakan blower ataupun solder setelah itu diganti dengan slot sim card yang baru. Demikian cara mengatasi kuningan slot sim card patah.

2. Slot Sim card modem patah
Sama halnya dengan cara mengatasi kuningan slot sim card patah yakni dengan cara mengganti konektor/ slot dengan konektor yang baru. Caranya lepas konektor yang lama dan pasang konektor yang baru. Demikian cara mengatasi slot sim card modem patah.

C. Harga service slot sim card


Biaya Ganti slot sim card tidaklah terlalu mahal. Jika Anda ingin menggati sendiri cukup Anda beli saja slot sim card ponsel yang harganya 5 sampai dengan 15 ribuan. Namun jika Anda ingin terima beres, alias mengguanakn jasa tukang servis, maka biayanya tentu akan lebih mahal.  Harga servis slot sim card atau biaya servis slot sim card bervariatif tergantung dari hpnya.

1. jenis Hp kelas bawah seperti nokia 105 dan sebagainya biayanya sekitar 40 sampai dengan 50ribuan

2. Jenis hp kelas mahal seperti samsung oppo dan lain sebagainya biayanya 50 sampai dengan 70ribuan.

Adapin Cara untuk mengatasi Kuningan Slot SIM Card yang Rusak Pada Hp Android adalah sebagai berikut : 


Sebelumnya Silahkan anda siapkan dulu bahan – bahanya :
- 1set obeng khusus HP
- Solder dan Tenol
- Blower khusus HP
- Berani menanggung resiko

Untuk cara memperbaikinya :
  1. Lepas seperti kesing, lalu semua perangkat di dalamnya secara hati – hati dan ambil bagian mesin saja
  2. Apabila sudah dapat bagian mesin , silahkan coba cek bagian slot yang patah
  3. Jika sudah ketemu bagian besi yang patah, buka penutup konektor kartu yang menutupi besi kuningan
  4. Anda bisa cari besi kuningan dari ponsel bekas yang tidak terpakai lalu potong bagian besi kuningnya saja
  5. Setelah itu solder pada bagian slot besi yang patah, namun cara ini tidak di sarankan karena biasanya kekuatan besi yang sudah di solder tidak akan bertahan lama alias bisa patah lagi
  6. Solusi yang bagus adalah mengganti konektor sim card dengan yang baru
  7. Untuk cara memasangya lepas tempat sim yang patah atau rusak menggunakan blower, lalu pasang konektor baru bisa menggunakan solder atau blower
  8. Jika sudah selesai anda bisa rakit kemali ponselnya

Harap di ingat sekali lagi cara di atas tidak di sarankan untuk yang bukan ahli dalam bidangnya, semua resiko bukan tanggung jawab saya, jadi saya sarankan sebaiknnya anda membawanya saja ke tempat service hp di sekitar tempat anda berada

Biasanya setiap tempat harganya tidak sama, itu juga tergantung dengan jenis ponsel dan tingkat kesulitanya, tapi biasanya untuk ponsel biasa biaya sekitar di bawah 50an, untuk ponsel yang bagus seperti android bisa sampai 50 keatas, perlu di ingat ini hanya sebuah perkiraan saja, karena bisa saja hargannya lebih murah atau bahkan lebih mahal.

Demikianlah artikel saya kali ini, mengenai Cara mengatasi Kuningan Slot SIM Card yang Rusak Pada Hp Android. semoga bermanfaat Terima Kasih.
loading...

7 comments:

Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih