-->

Cara mudah melakukan reset factory Sony Xperia Z1

Banyak smartphone Android premium yang muncul di semester kedua tahun 2013 lalu. Tentunya, selain memiliki harga yang tidak murah, semua smartphone premium itu menawarkan fungsi dan feature yang unik yang berbeda dari yang lain. Hal tersebut pun juga terdapat pada smartphone  dari Sony Mobile.

Smartphone Sony Mobile diberi nama Sony Xperia Z1. Pada Z1, Sony berusaha memasukkan seluruh produk yang pernah diluncurkan dalam sebuah perangkat smartphone. Sebut saja Walkman, Bravia, TriLuminos, Cyber Shot, dan lain sebagainya. Nah, berbicara mengenai Cyber Shot, sang penerus Xperia Z ini juga telah menempatkan kamera dengan sensor Exmor R 20,7 megapiksel pertama didunia.

Sama juga seperti Xperia Z, Xperia Z1 didesain untuk dapat tercebur di dalam air. Bedanya, sertifikasi Z1 telah ditingkatkan dari IP57 ke IP58, di mana perangkat diharuskan tahan terhadap debu dan dapat tercebur air di atas satu meter dalam waktu 30 menit. Hal tersebut dapat dilakukan walaupun lubang audio 3,5mm pada bagian atas smartphone ini tidak tertutup.

Sony Xperia Z1 menggunakan SoC dari Qualcomm dengan Snapdragon 800 yang ditenagai prosesor empat core Krait 400 berkecepatan 2,2 GHz dan GPU Adreno 330. RAM yang terpasang pada Xperia Z1 memiliki kapasitas 2 GB dan storage internal sebesar 16 GB ditambah sebuah slot microSD. Layar 5 inci yang terpasang sudah menggunakan teknologi Triluminos terbaru dari Sony dengan resolusi 1920×1080. Dan terakhir, kami menunggu sampai sistem operasi terbaru untuk perangkat ini diluncurkan untuk melakukan sejumlah pengujian dengan Android Jelly Bean 4.3.


Meskipun Sony Xperia Z1 ini, memiliki banyak keunggulan, namun dalam berbagai kesempatan ada saja permasalah yang terjadi pda Hp tersebut, maklum namanya juga barang elektroni pasti ada masa pakainya. Kadang permasalah tersebut memerlukan proses hard reset untuk mengemabalikan seluruh fungsi baik system maupun hal lainnya ke posisi setelah pabriknya.

Maka berdasarkan hal tersebut pada artikel kali ini, saya akan membahas mengenai Cara mudah melakukan Reset Factory Sony Xperia Z1. apapun masalah yang terjadi pada Hp Sony Xperia Z1 itu pastinya berbeda beda, namun yang jelas apabila permasalahnya hanya bisa dilakkan dengan cara reset factory, ini mungkin bisa menjadi solusi bagi anda.

Cara mudah melakukan Reset Factory Sony Xperia Z1


Seperti yang sudah saya jelaskan melakukan reset factory pada Sony Xperia Z1dapat menghapus semua data yang tersimpan pada memori internal anda jadi sebaiknya lakukan backup terlebih dahulu, untuk mengamankan semua data yang menurut anda data tersebut sangat penting baik itu dengan cara mengcopykannya pada laptop atau Pc, ataupun dengan menyimpannya pada memory eksternal anda.

Sebagai catatan langkah-langkah ini bisa juga anda aplikasikan pada :
  1. Sony Xperia ZR
  2. Sony Xperia Z2
  3. Sony Xperia Z3

Adapun langkah-langkah untuk melakukan reset factory pada hp Sony Xperia Z1 adalah sebagai berikut :


A. Reset Factory Melalui Menu Setelan


Jika anda melkukan Reset Factory Melalui Menu Setelan Berikut langkah-langkahnya :
  1. Pastiakn Hp Sony Xperia Z1 Anda dalam Keadaan hidup
  2. Kemudian masuk pada menu Pengaturan
  3. Cari menu Backup dan Reset
  4. Setelah itu anda pilih Factory data Reset.
     
  5. kemudian akan muncul kotak dialog, pilih Erase All
  6. Setelah itu tunggu hingga proses selesai, android anda secara otomatis merestart android anda

Maka Selanjutnya Sony Xperia Z1 anda akan melakukan reset dan restart, Proses factory reset memerlukan waktu beberapa menit, tunggu saja proses factory reset sampai selesai (Sony Xperia Z1 kembali nyala) silahkan anda siapkan akun google yang telah anda daftarkan sebelumnya pada perangkat Sony Xperia Z1 ini

B. Reset Factory Melalui Recovery Mode


Cara factory reset ini tentunya bisa anda diguakan untuk mengatasi permasalahan seperti Sony Xperia Z1 kode keamanan (Sony Xperia Z1 lupa pola, Sony Xperia Z1 lupa Sandi, Sony Xperia Z1 lupa PIN,dll) maupun Sony Xperia Z1 bootloop (Sony Xperia Z1 saat dinyalakan hanya muncul logo SONY), Sony Xperia Z1 hang logo dan lain sebagainya.

Adapun untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Pastikan daya baterai Sony Xperia Z1 minimal 50 % keatas
  2. Sony Xperia Z1 anda dalam kondisi OFF (Matikan Hp Sony Xperia Z1)
  3. Masuk ke menu recovery mode Sony Xperia Z3 dengan cara tekan dan tahan tombol Volume Up + Power secara bersamaan sampai muncul logo Sony dan lepas tombol yang di tekan. Tunggu beberapa saat Sony Xperia Z1 akan masuk ke menu recovery mode
  4. Untuk navigasi di menu recovery Sony Xperia Z1 gunakan tombol volume dan tombol power untuk OK.
  5. Selanjutnya pilih Wipe data/factory reset 
  6. Lalu konfirmasi pilih yes -- delete all user data
  7. Pilih reboot system now
  8. Sony Xperia Z1 akan melakukan restart
  9. Tunggu proses restart Sony Xperia Z1 sampai selesai
  10. Jika proses restart Sony Xperia Z1 telah selesai Sony Xperia Z1 akan nyala dengan sendirinya dan siap untuk digunakan kembali.

C. Reset Melalui Tombol Khusus

  1. Buka Penutup Slot SIM Card
  2. Kemudian tekan tombol kecil menggunakan benda yang kecil, sperti paper clip atau ujung pulpel... seperti gambar berikut
  3. selesai


Jika semua proses hard reset Sony Xperia Z1 ini sudah Anda lakukan dengan benar, maka anda akan diminta untuk melakukan pendaftaran akun email seperti setelan awal Sony Xperia Z1 pada saat anda pertama membelinya, Silahkan lakukan langkah demi langkah hinggga prosesnya selesai. Sehingga Hp Sony Xperia Z1 anda sudah siap digunakan adan tentunya sudah segar kembali.

Demikianlah artikel saya kali ini, mengenai Cara mudah melakukan Reset Factory Sony Xperia Z1, semoga bermanfaat, khususnya buat teman-teman semua yang memiliki permasalah yang sama. selamat mencoba terima Kasih.
loading...

2 comments:

  1. Udah saya coba cara ke 2 tapi kok gak bisa ya hp saya lupa pin layar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba Cara Ke 3 Mas, Kalo masih gx bisa mending di flash aja

      Delete

Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih