-->

# Cara mudah mengatsi bootloop pada Samsung Galaxy J1 SM-J120H (2016)

Sering kita temui beberpa permasalahan dalam penggunaan Hp khususnya android samsung Galaxy J1 yaitu mengalami kerusakan pada bagian systemnya atau softwarenya, permaslaha system yang sering kali terjadi salah satunya adalah bootloop.


Lantas apakah yang menyebabakan bootlop tersebut? Bootloop berasal dari 2 kata yaitu “boot” dan “loop”, jika diartikan dalam bahasa pemrograman “boot” adalah suatu keadaan dimana ponsel bersiap untuk menyala secara sempurna. 

Sedangkan “loop” mempunyai arti berulang. Jika diartikan dalam bahasa sistem operasi bootloop adalah suatu keadaan dimana ponsel tidak dapat melakukan start up sehingga ponsel tidak bisa masuk pada sistem, selain gagal melakukan botting ponsel juga berulang – ulang untuk masuk pada sistem namun selalu gagal.

Berikut merupakan Faktor-faktor yang menyebabakan Hp Android Bootlop :


1. Memodifikasi Sistem


Memodifikasi sistem sama artinya kita melakukan root pada sistem Android, perlu kalian ketahui bahwa ketika kita membeli ponsel berbasis Android maka kita hanya menjadi user (pengguna) saja bukan menjadi super user. 

Super user ini mempunyai akses untuk melakukan root pada sistem Android, dia mampu menambah dan mengurangi sistem Android sehingga jika root yang telah dilakukan tidak sepenuhnya berhasil bisa mengakibatkan ketidak setabilan sistem pada Android, akibatnya ponsel kita mengalami bootloop.

Jadi saya sarankan untuk berhati -hati dalam melakukan root pada sistem Android, lakukan jika dirasa itu penting dan mendesak , selain itu kita juga harus tau sesifikasi ponsel kita apakah mampu atau tidak jika dilakukan root sistem.

2. Kesalahan Flashing Custom ROM


Flashing custom ROM bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya bootloop pada ponsel Anda. Sebenarnya flashing custom ROM adalah penginstalan pada ROM (Read Only Memory) dengan tujuan melakukan modifikasi dan mengganti isi data pada ROM. Tujuan dari flashing custom ROM adalah ROM dapat mengoptimalkan dan memepercepat dari sistem kerja OS.

Hal ini dapat fatal jika dalam melakukan flashing custom ROM mengalami kegagalan dimana terjadi dalvik-cavhe atau data lama yang belum terhapus namun sudah digunakan oleh sistem baru. Karena keadaan ini akhirnya mengakibatkan bootloop pada ponsel Anda. Sehingga Penulis sarankan untuk berhati – hati dalam melakukan Flashing ROM.

3. Salah Mengatur Permission


Permission adalah hak akses yang dimiliki pada suatu aplikasi dimana agar aplikasi tersebut dapat mengakses beberapa informasi dari ponsel yang kita miliki. Perlu kalian ketahui bahwa pada Android terdapat banyak informasi personal semisal lokasi, kontak, dan koleksi foto kita pada galeri. 

Sehingga OS pada Android itu sangat berpengaruh pada permission, jika kita melakukan kesalahan dalam mengatur permission pada sebuah file maka dapat mengakibatkan bootloop. Jadi penulis sarankan berhati-hatilah dan teliti dalam memberikan permission pada suatu file di ponsel Anda.

4. Overclock pada Android


Pada dasarnya ponsel yang berbasis Android sistem kerjanya sama dengan laptop dan PC. Karena dengan kemajuan teknologi sehingga pabrikan-pabrikan sekelas Apple, Samsung, Sony, dan masih banyak lainnya menciptakan ponsel berbasis Android dan iOS dengan spesifikasi yang hampir setara dengan laptop maupun PC. Dengan tujuan memberikan kemudahan dan kepraktisan kepada user (penggunanya).

Kita sebagai user tidak perlu repot-repot untuk membawa berat laptop atau PC kemanapun kita berada, cukup dalam genggaman semua pekerjaan dan komunikasi dapat kita selesaikan saat itu juga.

Cepat atau lambatnya suatu sistem operasi pada ponsel berbasisi Android dipengaruhi dari prosesornya. Jika ponsel Anda hanya memiliki prosesor dengan kemampuan 1 GHz namun Anda menginginkan lebih sehingga Anda menaikkan prosesornya menjadi 2 GHz dengan alasan agar sistem operasinya menjadi lebih cepat, maka overclock adalah langkah yang sering dilakukan.

Overclock bisa saja dilakukan namun jangan terlalu memaksakan semisal jika Anda ingin meng-overclock dari 1 GHz menjadi 2 GHz. Lakukan setengahnya saja atau seperempatnya saja menjadi 1,2 GHz. Sehingga tidak terlalu memaksakan ponsel Anda. Namun penulis sarankan jangan melakukan overclock biarkan spesifikasi prosesor pada ponsel Anda sama yang dikeluarkan dari pabrikan. Karena hal ini bisa mencegah terjadinya bootloop pada ponsel Anda.

5. Mengubah Isi Script pada Folder Sistem


Mungkin hal ini dianggap sepele dan tidak berdampak pada sistem Android. Bagi Anda pecinta game pasti sudah tidak asing dengan cara semacam ini. Mengubah isi script dengan aplikasi yang ada dan bertujuan bisa segera menikmati game yang Anda inginkan. Ingat bahwa langkah ini juga bisa mengakibatkan bootloop pada ponsel Anda. Jadi jangan sembarangan mengganti isi script jika ponsel Anda tidak ingin terjadi bootloop.

6. Sering Melepas Baterai


Sama halnya dengan penyebab poin nomer 6 bahwa sering mencopot baterai bisa berdampak pada sistem operasi pada ponsel Anda. Apalagi jika melakukan pencopotan baterai disaat ponsel Anda dalam keadaan menyala. Selain mengakibatkan bootloop hal ini juga sangat berbahaya, diantaranya ponsel Anda mengalami kerusakan pada hardware, mengacaukan kalibrasi pada ponsel, menyebabkan kerusakan data dalam memori eksternal dan internal, dan parahnya adalah ponsel Anda akan mati total. Sehingga hindari langkah mencopot ponsel Anda apalagi dalam keadaan menyala.

Itulah beberapa penyebab yang dapat menjadikan Hp android anda boot, Khusus kali ini sesuai dengan judul yang saya ambil yaitu mengenai Cara mengatasi bootloop dan Lupa Samsung Galaxy J1 SM-J120H (2016) dengan Mudah. Maka saya hanya akan membahas cara mengatasi bootlop untuk Hp android samsung Galaxy J1 SM-J120H (2016) saja.

Cara Tepat mengatasi bootloop Samsung Galaxy J1 SM-J120H (2016) dengan Mudah


Sebelum saya menjelaskan langkah-langkah flashing untuk mengatasi bootlopnya, sebaiknya anda perhatikan dulu hal-hal yang harus disiapkan sebelum melakukan Flahing, diantaranya :
  1. Sebelum flashing Samsung Galaxy J1 SM-J120H (2016) anda, pastikan versi smartphone anda sama dengan firmware yang anda download.
  2. Pastikan baterai Samsung Galaxy J1 SM-J120H (2016) anda mencapai 60 % ketas.
  3. Gunakanlah kabel USB Original bawaan Samsung Galaxy J1 SM-J120H (2016) supaya stabil saat proses flashing.

A. Siapkan Bahan untuk flash Samsung Galaxy J1 SM-J120H (2016)

  1. Dowload Firmware Samsung Galaxy J1 SM-J120H (2016)
  2. Download Driver USB Samsung 
  3. Download Odin
Silahkan kalian download dengan Link yang telah disediakan diatas yaitu Firmware Samsung Galaxy J1nya, Driver USB Samsung dan Odin.


B. Langkah-langkah flash Samsung Galaxy J1 SM-J120H (2016)


Setelah syarat dan bahan telah anda penuhi semunya, selanjutnya kalian tinggal memulai untuk melakukan flashing pada Samsung Galaxy Galaxy J1 SM-J120H (2016) tersebut. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Extrak Firmware Samsung Galaxy J1 SM-J120H (2016) dan Install Driver USB Samsung.
  2. Extrak dan Install Odin terus anda buka.
  3. Dalam keadaan hp mati masuk ke Download Mode dengan menekan "tombol Power + Vol Down + Home secara bersamaan" sampai Tulisan "Warning  !!"
  4. Jika sudah masuk menu warning ada 2 pilihan disana yaitu "Continue" dan "Cancel" anda pilih Continue aja dengan menekan tombol Vol Up.
  5. Setelah itu anda sambungkan Hp ke laptop atau PC menggunakan Kabel data ORI samsung, Pastikan Hp anda benar-benar terdeteksi oleh komputer biasanya ditandai seperti gambar berikut : 
  6. Jika sudah tersambung maka di aplikasi odin ada tulisan ADD.
  7. Kemudian masukan Firmware Samsung GalaxyJ1 dengan menekan PDA lalu cari firmware .tar yang tadi anda download dan centang Auto reboot
  8. Jika langkah langkah diatas sudah dilakukan dengan benar dan seperti gambar dibawah ini maka pilih STAR (Untuk Memulai Flashsing)
  9. Tunggu proses flashing sampai ada tulisan pass.
  10. Setelah Proses Selesai maka hp anda akan restar secara otomatis dan dalam proses booting akan memakan waktu 3-5 menit jadi harus bersabar sejenak.
  11. Selesai, Selamat hp anda bisa digunakan kembali dan tidak error atau hank lagi.

Selain bisa mengatasi Hp J1 yang mengalami bootloop, dengan metode flash ini juga, bisa mengatasi permasalahan seperti lupa pola atau password pada hp, karena dengan melakukan flash artinya mengganti keseluruhan system operasi yang ada pada hp dengan system operasi yang baru, seghingga Hp Samsung Galaxy J1 anda, bisa segar kembali dan lebih nyaman lagi saat digunakan.

Demikian artikel saya kali ini, mengenai Cara Tepat mengatasi bootloop Samsung Galaxy J1 SM-J120H (2016) dengan Mudah semoga bermanfaat. Terima Kasih.





loading...

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih