-->

Cara mudah mengatasi Sony Xperia Zr bootloop (Mentok di logo SONY)

Sony Xperia ZR merupakan smartphone android buatan perusahaan elektronik asal jepang yaitu Sony. Handphone ini juga dikenal dengan sebutan Sony Xperia ZR C5502, Sony Xperia ZR C5503, Sony Xperia ZR LTE, dan Sony Xperia ZR HSPA+. Handphone yang diumumkan pada Mei 2013 dan dirilis pada Juni 2013 ini ditujukan bagi segmen kelas menengah ke atas dengan tingkatan spesifikasi dan harga yang tinggi.

Fitur unggulan yang ditawarkan dari smartphone berlayar cukup lebar ini adalah mampu bertahan dalam air selama 30 menit bahkan bisa juga digunakan untuk memotret atau mengambil foto di dalam air. Prosesor super cepat, kamera berkekuatan tinggi dan kapasitas baterai yang besar juga mejadi nilai pluse dari handphone android mahal ini. Untuk lebih jelasnya silahkan simak kelebihan dan kekurangan Sony Xperia ZR berdasarkan fitur atau spesifikasi yang dimilikinya di bawah ini

Kelebihan Sony Xperia ZR ini yaitu telah mendukung jaringan 3GH HSDPA yang menawarkan akses internet cepat di area 3G. Selain itu fitur EDGED dan GRPS juga tetap disediakan agar pengguna bisa tetap terhubung di area terpencil yang belum mendukung 3G. Tahan terhadap debu dan air, serta mampu bertahan dalam air dengan gedalam lebih dari 1 meter selama 30 menit. Handphone juga bisa digunakan untuk memoftret dalam air

Ukuran layar cukup luas yaitu 4,55 inci sehinga pengguna bisa leluasa dalam menavigasi layar. Layar memiliki resolusi yang tinggi yaitu 720 x 1280 piksel dengan kerapatan piksel 323 ppi. Layar juga masuk sebagai kategori Full HD, layar didukung dengan teknologi Mobile BRAVIA® Engine generasi kedua, sony mengklaim teknologi ini meningkatkan kecerahan, ketajaman warna layar.

Layar dilengkapi dengan Shatter proof and scratch-resistant glass, yang memberikan perlindungan pada layar dari goresan dan kerusahaan. Kapasitas penyimpanan internal yang cukup besar yaitu 8 GB serta adanya slot penyimpanan eksternal jenis microSD, dengan ini pengguna bisa menambah kapasitas penyimpanan hingga 32 GB

Adanya kamera berkekuatan besar yaitu 13,1 mp, dengan resolusi maksimum 4128 x 3096 piksel, dilengkapi  fitur autofokus, lampu flash led, Geo-tagging, touch focus, face detection, image stabilization, HDR, sweep panorama. Kamera juga dilengkapi dengan teknologi Exmor RS yang akan menghasilkan kualitas gambar yang baik meskipun pada cahaya yang rendah

Bagian dapur pacu ditenagai dengan prosesor berinti empat atau quad core dengan kecepatan masing-masing 1,5 Ghz. Prosesor yang digunakan adalah Qualcomm Snapdragon APQ8064, buatan qualcomm

Sementara untuk GPU atau unit pemrosesan grafis menggunakan Adreno 320 yang memang ditujukan untuk kelas atas, sehingga mampu menampilkan tampilan yang menawan untuk video game 3D sekalipun Kapasitas RAM yang lega yaitu 2 GB, sehingga akan lebih nyaman untuk menjalankan banyan aplikasi sekaligus (multitask).

Dengan spesifikasi yang tinggi yang dimiliki oleh sebuah Hp khusunya Sony Xperia Zr, tidak menjamin hp tersebut tidak akan mengalami kendala, seperti halnya teman saya yang baru saja mengalami permasalahan pada Sony Xperia Zr yaitu botloop, atau saat dinyalakan Sony Xperia Zr hanya sampai di logo SONY saja.

Kemudian saya mencoba membantunya dengan cara menflash ulang atau menginstall ulang OSnya, dan alhamdulilah Setelah di lakukan flash Sony Xperia Zr kembali nyala dengan normal dan tentunya dapat digunakan kembali.

Maka berdarkan hal tersebut pada artikel kali ini, saya akan berbagi mengenai  Cara mudah mengatasi Sony Xperia Zr bootloop (Mentok di logo SONY), karena saya berharap artikel ini bisa menjadi solusi anda mengatasi permasalah yang sama dengan apa yang pernah saya alami.


Cara mudah mengatasi Sony Xperia Zr bootloop (Mentok di logo SONY)


Bootloop adalah kondisi hp dimana ketika hp direstart / dihidupkan ulang hp tidak mau masuk ke tampilan menu utama hp tersebut, di hp Sony Xperia Zr biasanya akan terus stuck di animasi logo SONY, biasanya akan melakukan booting sendiri, nyala-booting-mati tidak mau masuk ke halaman menu utama ponsel tersebut. kondisi hp seperti ini basanya disebabkan oleh gagal sistem, seperti misalnya gagal update dan penyebab lainnya.

Maka yang bisa kitta lakukan untuk mengatasi bootloop tersebut diantaranya adalah factory reset, reboot lewat droid boot, dan jika tidak berhasil dengan menggunakan cara tersebut, maka cara terakhir yang bisa anda lakukan dan sudah terbukti mampu mengatasi permasalahan Sony Xperia Zr bootloop (Mentok di logo SONY) adalah melakukan flash.

Adapun langkah-langkah melakukan flash pada Sony Xperia Zr yang bootloop adalah sebagai berikut :


Bahan mengatasi Bootloop Sony Xperia ZR Docomo dengan instal ulang (Flashing)
  1. Download Flashtool
  2. Download Firmware Sony Xperia ZR Docomo Global Rom (5.1.1) 
  3. Download Firmware Sony Xperia ZR Docomo Global Rom (5.0.2) 
  4. Download Firmware Sony Xperia ZR Docomo Global Rom (4.4.4) 
  5. PC/Laptop
  6. Kabel USB
  7. Baterai di atas 70%

Silahkan kamu pilih salah satu dari firmware di atas yang ingin kamu gunakan, kalau mau upgrade ya kamu tinggal pilih aja firmware yang paling baru, kalau mau melakukan downgrade silahkan pilih firmware yang versi lama.

Langkah mengatasi Bootloop Sony Xperia ZR Docomo dengan instal ulang (Flashing)
  1. Instal flashtool yang telah didownload tadi melalui link diatas
  2. Instal driver flashtool yang ada di Local Disk C / Flashtool / driver.
  3. Buka flashtool yang telah kamu instal.
  4. Buat satu folder dengan nama "firmware" (simpan di tempat yang gampang kamu cari) lalu pindahkan file firmware yang sudah kamu download tadi ke dalam folder tersebut.
  5. Balik lagi ke flashtool klik tanda "petir" di pojok kanan flashtool kamu lalu pilih "flash mode"
  6. Disini kamu akan menemukan tampilan seperti gambar di bawah ini, klik kolom "no.1" lalu cari dimana kamu meletakkan folder yang kamu buat tadi, jika sudah maka akan muncul tipe smartphone yang akan kamu instal, silahkan kamu klik di nama Smartphone tersebut hingga muncul nomor firmware nya, lihat kolom "no.2" jika sudah maka akan muncul menu-menu seperti kolom "no.3" jika ingin menghapus data silahkan cek lis "USERDATA" (jangan lupa "PARTITION" nya di centang ya, jika tidak nanti nya internal Xperia ZR Docomo kalian akan berubah ke 8GB)

  7. Jika semua sudah sesuai dengan gambar di atas silahkan kamu klik tombol “Flash”
  8. Matikan Sony Xperia ZR Docomo, lalu tunggu hingga muncul tampilan seperti gambar di bawah ini silahkan hubungkan Sony Xperia ZR Docomo ke PC dalam keadaan mati sambil menekan tombol "volume down/bawah" jika muncul lampu berwarna hijau maka kamu berhasil masuk ke flash mode dan proses instalasi akan berjalan. Jika ada muncul peringatan silahkan pilih "yes"
  9. Saat proses instalali maka akan muncul bar berwarna "hijau" di flashtool tunggu hingga bar tersebut penuh dan terdapat pembeitahuan "flashing finished"
  10. Silahkan cabut Sony Xperia ZR Docomo kamu dari PC dan hidupkan.
  11. Selesai.


Demikianlah artikel saya kali ini, mengenai Cara mudah mengatasi Sony Xperia Zr bootloop (Mentok di logo SONY), semoga bermanfaat khususnya buat anda yang mengalami permasalahan yang sama  yaitu bootloop pada Sony Xperia Zr, semoga ini bisa menjadi solusinya. terima kasih.
loading...

3 comments:

  1. Apakah semua data di hp akan hilang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo yang di memory Internal Pasti hilang, kalo di memory External aman

      Delete
  2. Apakah buat Sony Xperia XZ, caranya sama? Hanya Firmware nya pilih Sony Xperia XZ?
    Hp Docomo saya, cuma sampai ada loho Sony berlatar putih.
    Terima kasih

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih