-->

Cara Mudah Memasang Custom ROM Xiaomi MIUI 8 pada Androamx A

Istilah ROM pastinya sering pula Anda dengar dan baca, ROM sendiri merupakan singkatan dari Read Only Memory yang apabila didefinisikan adalah media penyimpanan file sistem di mana jenis data yang terkandung di dalamnya tidak dapat diisi, di-edit atau dibuat melainkan hanya dapat dibaca serta bersifat tidak mudah hilang atau permanen.

Itu perbedaan mendasar antara ROM dan RAM, jika ROM hanya bisa dibaca sebaliknya RAM sangat bisa diisi dengan data sewaktu-waktu. Data dalam ROM dapat dimodifikasi hanya dengan prosedur yang namanya flashing. Prosedur flashing membutuhkan pemahaman yang baik akan sistem operasi, sehingga tidak akan kita bahas secara mendalam di ulasan kali ini.

Lalu apakah pengertian Custom ROM?, Pada dasarnya tidak ada perbedaan definisi antara custom ROM dan ROM, perbedaan keduanya hanya terletak pada proses modifikasi dan hasil akhir yang didapatkan. Di mana custom ROM merupakan hasil dari modifikasi pihak ketiga terhadap sistem file firmware perangkat tertentu dalam hal ini adalah Android atau disebut juga Android mod (Android modification).

Dengan kata lain Custom ROM adalah sebuah sistem operasi oprekan yang tidak terikat lagi ke vendor tertentu, melainkan sudah berdiri sendiri lengkap dengan kernel, service, driver, aplikasi dan sistem file pendukung lainnya sehingga dapat berjalan dalam perangkat.

Itu tadi adalah penjelasan singkat mengenai ROM dan Custom ROM. maka dari itu pada artikel kali ini saya akan berbagi mengenai cara Cara Mudah Memasang Custom ROM Xiaomi MIU 8 pada Androamx A.

Andromax A ROM Xiaomi MIUI 8

ROM MIUI 8 MultiROM ini merupakan ROM yang paling baru dan banyak digunakan oleh pengguna Smartfren Andromax A (A16C3H) untuk saat ini. ROM MIUI 8 MultiROM memiliki tampilan elegant dan mudah untuk digunakan, selain itu ROM ini juga ringan tidak bikin lag.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa MIUI adalah user interface yang dikembangkan oleh Xiaomi untuk pengguna smartphone Xiaomi. Untuk kamu pengguna Andromax A yang suka modifikasi tampilan atau ROM-nya, mungkin ROM yang satu ini cocok untuk kamu coba.


Cara Mudah Memasang Custom ROM Xiaomi MIU 8 pada Androamx A


Sebelum bisa menggunakan ROM Xiaomi ini, tentunya ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu, untuk lebih jelasnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :
  1. Sebelum mengganti ROM Andromax A anda, pastikan smartphone anda telah di root dan terpasang twrp. Dan usahakan untuk backup terlebih dahulu.
  2. Pastikan baterai Andromax A anda mencapai 70% keatas.
  3. Pastikan Nomor Bentuk Andromax A anda 3.5, Nomor bentuk bisa dilihat di pengaturan.
  4. Usahakan download melalui aplikasi browser Chrome atau Mozilla Firefox (kalau di UC Browser link download tidak akan muncul).
Baca Juga : Cara Root dan Pasang TWRP pada Androamx A dengan Mudah

Bahan Yang Harus Dipersiapkan 
  1. ROM MIUI 8 
  2. Xposed Framework 
Untuk bahan2nya silahkan kalian carai dengan kata kunci diatas yaitu ROM MIUI 8 dan Xposed Framework

Adapun Langkah-langkah install ROM MIUI 8 Marshmallow 6.0 pada Andromax A adalah sebagai berikut :
  1. Simpan atau pindahkan ROM MIUI 8 dan Xposed Framework ke kartu memori (Simpan Diluar Folder).
  2. Matikan Andromax A anda, lalu masuklah ke Mode TWRP Recovery dengan cara menekan tombol Volume (+) dan Power secara bersamaan, tahan sampai masuk ke TWRP Recovery.
  3. Pada menu TWRP Recovery pilih Wipe lalu geser ke kanan untuk konfirmasi.
  4. Selanjutnya kembali lagi ke menu awal, lalu pilih Install terus pilih file ROM MIUI 8, kemudian geser ke kanan untuk memulai menginstall.
  5. Tunggu beberapa menit sampai proses penginstallan selesai.
  6. Setelah itu balik ke menu awal TWRP recovery, dan pilih lagi install terus pilih file Xposed Framework yang tadi anda salin ke kartu memori.
  7. Tunggu sampai penginstallan selsesai dan selanjutnya kembali lagi ke menu awal lalu pilih Reboot.


Pada booting pertama akan lama, mungkin membutuhkan waktu 5-10 menit. maka dari itu bersabarlah tai jangan khwatir karena setelah proses selsai Hp anda telah memiliki ROM Xiaomi MIUI 8 yang telah siap digunakan.

Demikianlah artikel kali ini, mengenai Cara Mudah Memasang Custom ROM Xiaomi MIUI 8 pada Androamx A, semoga bermanfaat, selamat mencoba Terima KAsih.
loading...

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih