-->

Cara Mengatasi Oppo Joy R1001 Bootloop (stuck di logo)

Bootloop adalah masalah pada piranti lunak Android yang ditunjukkan dengan tanda-tanda berupa kegagalan untuk masuk ke dalam sistem, ciri khasnya perangkat hanya menampilkan logo Android atau vendor secara berulang-ulang.

Jika perangkat Android mengalami bootloop, jangan panik apalagi menangis. Jangan buru-buru ke counter handphone dan membayar ratusan ribu, karena Anda pasti bisa kok mengatasi bootloop seorang diri. Bootloop sendiri ada dua macam yang dibedakan atas tingkat kerusakannya 

Pertama light bootloop atau bootloop ringan. Biasanya bootloop ini hanya bersifat sementara, kadang-kadang saja kumatnya. Kedua, hard bootloop atau bootloop parah yang ditandai dengan kegagalan masuk ke sistem secara permanen walaupun sudah dicoba berulang kali.

Baru-baru ini ada teman saya yang mengalami hal tersebut pada smartphone Oppo Joy R1001 dimana ketika digunakan untuk bermain game tiba2 hp ati sendiri kemudaian ketika dihidupkan kembali hp Oppo Joy R1001 hanya menampilkan logo Vendornya saja kadang-kadang juga setelah itu merestart sendiri namun tetap saja Hp Oppo Joy R1001ny stuck pada Logo  Oppo.

Kemudian saya berusaha membantunya dengan mencari informasi mengenai cata mengatasi masalah bootloop yang terjadi pada Oppo Joy R1001, sampai akhirnya saya menemukan cara flash Oppo Joy R1001 Bootloop tersebut dan mempraktekannya pada hp Oppo Joy R1001 teman saya yang mengalami hal tesebut, dan alhamdulilah hp Oppo Joy R1001 bisa Normal kembali sehingga bisa digunakan lagi oleh teman saya.

Maka berdasarkan pengalaman tersebut saya ingin mendokumentasikannya melalui tulisan ini dimana pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai Cara Mengatasi Oppo Joy R1001 Bootloop (stuck di logo), dan saya berharap tutorial flash Oppo Joy R1001 Bootloop bisa menjadi solusi bagi anda yang mengalami permasalahan yang sama pada hp Oppo Joy R1001, untuk lebih jelasnya, silahkan kalian membaca artikel ini sampai selesai.

Cara Mengatasi Oppo Joy R1001 Bootloop (stuck di logo)


Seperti yang telah saya jelaskan diatas, bootloop adalah kondisi hp dimana ketika hp direstart / dihidupkan ulang hp tidak mau masuk ke tampilan menu utama hp tersebut, di hp Oppo Joy R1001 biasanya akan terus stuck di animasi logo oppo, kondisi hp seperti ini basanya disebabkan oleh gagal sistem, seperti misalnya gagal update dan penyebab lainnya.

Maka yang bisa kitta lakukan untuk mengatasi bootloop tersebut diantaranya adalah factory reset, reboot lewat recovery mode, dan jika tidak berhasil dengan menggunakan cara tersebut, maka cara terakhir yang bisa anda lakukan dan sudah terbukti mampu mengatasi permasalahan  Oppo Joy R1001 Bootloop (Mentok di logo) adalah flash. Pada prosesnya Cara Flash Oppo Joy R1001 Bootloop kali ini saya menggunakan aplikasi SP Flashtool 

Adapun langkah-langkah melakukan Flash Oppo Joy R1001  yang bootloop adalah sebagai berikut :


A. Download Bahan yang diperlukan

  1. Firmware Oppo R1001 Download ( Pass : oppomobile.vn )
  2. Download SP Flashtool Download
  3. Download MTK Driver USB Download

B. Langkah Langkah Flash Oppo Joy R1001  yang bootloop

  1. Jika semua bahan di atas sudah di download silahkan ekstrak terlebih dahulu Firmware dan SP Flash Toolnya agar lebih mudah dalam menggunakannya.
  2. Install MTK Drivernya ( Pilih Driver Sesuai Windows )
  3. Selanjutnya buka Sp Flashtool Kilik Kanan pilih Run As Administrator lalu Klik Yes
  4. Selanjutnya Anda pilih Scatter loading
  5. Setelah itu pilih Scatter yang ada dalam folder Firmware yang sudah anda download dan ekstrak tadi lalu klik open ( Lihat gambar )
  6. Maka akan muncul data data di SP flashtool. tapi ada data yang bernama Uboot dan Usrdata yang tidak di centang. Untuk USRDATA biarkan saja tapi untuk UBOOT silahkan di centang dengan cara Klik 2 x pada UBOOT setelah itu isi dengan data UBOOT ( Lihat Gambar )
  7. Selanjutnya silahkan anda Klik Download dan hubungkan Hp anda ( Tanpa Baterai ) dengan PC dengan kabel USB dan sambil tekan Volume UP sampai proses flash berjalan.
  8. Silahkan tunggu sampai proses Flash yang berjalan di tandai dengan warna kuning sampai 100%, Bila berhasil maka akan di tandai dengan lingkaran Hijau dengan tulisan DOWNLOAD OK.
  9. Maka Flash Oppo Joy R1001 Bootloop telah selesai, Sekarang silahkan cabut USB dan silahkan pasang kembali Baterai dan coba hidupkan hp anda dan tunggu hingga 3 – 4 menit karena biasanya setelah proses Flash akan agak lama.Tunggu proses restart hp Oppo Joy R1001 selesai, setelah selesai Hp anda akan kembali ke pengaturan awal pabriknya. dan tentunya dapat digunakan kembali.
Baca juga :

  1. Cara mudah Mengatasi asus zenfone 4 Bootloop
  2. Cara Flash Asus zenfone 5 Bootloop dengan mudah


Demikianlah artikel saya kali ini, mengenai Cara Mengatasi Oppo Joy R1001 Bootloop (stuck di logo), mudah bukan ? semoga bermanfaat khususnya bagi anda yang sedang mencari solusi mengatasi hp Oppo Joy R1001 Bootloop (stuck di logo), karena sya rasa cara ini sngat mudah dilakukan selama anda mengikuti langkah-langkahnya dengan baik dan benar. Terima Kasih.

loading...

1 comment:

Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih