-->

#2 cara mudah mengatasi bootloop pada hp android

Bootloop adalah kondisi hp dimana ketika hp direstart / dihidupkan ulang hp tidak mau masuk ke tampilan menu utama hp tersebut, pada hp  android biasanya akan terus stuck di animasi logo merek android tersebut, baik itu samsung, asus, xiaomi ataupun yang lainnya.

Biasanya bootloop ini akan melakukan booting sendiri, nyala kemudian booting- terus mati tidak mau masuk ke halaman menu utama ponsel tersebut. kondisi seperti ini basanya disebabkan oleh gagal sistem, seperti misalnya gagal update dan penyebab lainnya.

Banyak sekali kasus terjadinya android yang tiba2 mengalami bootloop, dan hal tersebut bisa terjadi karena masalah2 berikut, antara lain :


1. Kesalahan Saat Melakukan Flashing Custom ROM

Salah satu penyebab android bootloop yaitu karena terjadi pada saat melakukan Flashing Custom ROM. Flashing Custom ROM ini adalah penginstalan pada ROM yang bertujuan untuk melakukan modifikasi dan mengganti isi data pada ROM.

Namun, akrena kurang ketelitian saat melakukan custom, karena salah tipe ro ataupun gangguan lainnya, hal ini bisa menyebabkan hp android anda bisa mengalami bootloop atau sering stuck pada logo merek android anda.

2. Over Heat

Penggunaan dan system kerja dari handphone yang berbasis android yang berlebihan bisa menyebabkan suhu pada anda mengalami peningkatan suhu yang sangat tinggi (overheat), hal ini bisa memicu terjadinya bootloop di karena system yang berjalan di paksakan bekerja pada tinggat yang berlebih dan selnjutnya hp mati sendiri dan saat dinyalakan malah stuck pada logo.

3. Melepas Baterai Terlalu Sering

Mungkin penyebab yang satu ini sudah jarang terjadi di karena penggunaan system batre pada android sekarang kebanyak sudah menggunkan batre nonremovable alias batre tanam.

namun tidak bagi pengguna yang masih menggunkan batre removable, biasanya apabila android terjadi hang (diam tak bergerak) kita selalu mengambil jalan pintas yaitu dengan melepas batre, kemudaian menyakannya kembali.

tanpa kita sadari lambat lain akan terjadi kerusakan sedikit demi sedkit pada system yang berjalan dan tenntunya hal ini bisa juga menyebabkan bootloop secara tiba2 pada hp android yang anda miliki.

Itulah beberapa penyebab terjadinya bootloop pada hp android yang pernah saya alami, mungkin dari beberapa pengalamn pengguna android tentunya berbeda, namun apapun alasannya point yang bisa di simpulkan adalah semua hal yang menyebabkan kerusakan system pada android tentunya bisa menyebabkan bootloop.

Lantas bagaimana cara mengatasi, maka berdasarkan hal tersebut, pada artikel kali ini, saya akan memberikan sedikit tutorial  mengenai cara mudah mengatasi bootloop pada android yang mungkin bisa menjadi referensi untuk kalian, yang mengalami hal yang sama.

2 cara mudah mengatasi bootloop pada hp android


Sebelum kita melanjutkan menuju tutorila cara mudah mengatasi bootloop pada hp android pada artikel sebelumnya saya pernah memberikan tutorial yang Cara mengatasi bootloop pada Hp asus Zenfone, bagi yang memiliki merek hp yang saya silahkan langsung klik saja.

Langsung saja kita menuju tutorial 2 cara mudah mengatasi bootloop pada hp android, adapun caranya adalah sebagai berikut :

1. Reset Factory di menu Recovery

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi bootloop pada handphone Android yaitu dengan cara menghapus data pada menu recovery, adapun caranya dalah sebagai berikut :

a. Samsung 

Cara Masuk Recovery Mode Samsung yaitu menekan tombol Home + Volume Up + Power tekan secara bersamaan, setelah logo samsung galaxy, lepaskan tombol power saja, tombol Home + Volume Up dalam kondisi ditekan dan biarkan ponsel anda mati dan botting lagi, akan langsung masuk ke mode Recovery.

b. Advan Vandroid

Cara Masuk Recovery Mode Advan dapat dilakukan dengan cara, Sambungkan kabel USB ke Advan S3 selanjutnya  tekan dan tahan tombol Volume Up + Tombol Power sampai muncul tilisan FACTORY MODE, Selanjutnya Advan akan masuk ke menu recovery mode, Setelah itu lepaskan kedua tombol secara bersamaan.

c. Evercoss Android

Cara Masuk Recovery Mode EverCross Android, Tekan tombol Volume Up + Tombol Power tekan secara bersamaan sampai masuk ke recovery mode.

d. Lenovo

Cara Masuk Recovery Mode Lenovo, Tekan tombol Volume Up + Volume Down + Tombol Power (tekan secara bersamaan) Sampai muncul No command lalu tekan Tombol power satu sakali, setelah pilihan recovery muncul, gunakanlah tombol volume down untuk mengarahkan pilihan dan tombol volume up untuk memilih.

karena semua merek mungkin berbeda-beda, untuk lebih jelasnya saya akan mencontohkan menggunakan hp Samsung, adapun cara reset factory samsung Galaxy J1 adalah sebagai berikut :




  • Masuk ke menu recovery mode Samsung Galaxy J1 dengan cara tekan dan tahan tombol Volume Up + Home + Power secara bersamaan sampai muncul logo Samsung Galaxy J1 dan lepas ketiga tombol. Tunggu beberapa saat Samsung Galaxy J1 akan masuk ke menu recovery mode. 


    • Untuk navigasi di menu recovery Samsung Galaxy J1 gunakan tombol volume dan tombol power untuk OK.
    • Selanjutnya pilih Wipe data/factory reset dan konfirmasi pilih yes -- delete all user data
    • Pilih wipe cache partition, Wipe cache partition berguna untuk menghapus file sampah yang tersimpan sewaktu membuka Aplikasi dan Game di Samsung Galaxy J1.

    • Pilih reboot system now
    • Samsung Galaxy J1 akan melakukan restart
    • Tunggu proses restart Samsung Galaxy J1 sampai selesai
    • Jika proses restart Samsung Galaxy J1 telah selesai Samsung Galaxy J1 akan nyala dengan sendirinya dan siap untuk digunakan kembali.

    2. Melakukan Flash ROM yang baru

    Jika cara diatas tidak berhasil, maka langkah teraksir yaitu dengan cara melakukan flash ROM yang baru pada hp android anda adapun untuk cara flash ROM ini berdeda-beda tergantung mereknya, namun pada umumnya jika sudah terpasang TWRP mungkin cara nya hampir sama yaitu sebagai berikut :

    • Pertama kamu harus masuk ke menu Recovery (TWRP).
    • Setelah itu kamu dapat memilih Install zip.
    • Selanjutnya kamu dapat mencari custom ROM yang baru.
    • Setelah dapat kamu dapat mendownload dan menginstallnya.
    • Terakhir kamu dapat mengklik Reboot.
    Namun jika belum terpasang TWRP disini saya kaan mencontohkan cara flash ROM menggunkan Hp Samsung galaxy J1, adapun caranya adalah sebagi berikut :


    1. Extrak Firmware Samsung Galaxy J1 dan Install Driver USB Samsung.
    2. Extrak dan Install Odin terus anda buka.
    3. Dalam keadaan hp mati masuk ke Download Mode dengan menekan "tombol Power + Vol Down + Home secara bersamaan" sampai Tulisan "Warning  !!"
    4. Jika sudah masuk menu warning ada 2 pilihan disana yaitu "Continue" dan "Cancel" anda pilih Continue aja dengan menekan tombol Vol Up.
    5. Setelah itu anda sambungkan Hp ke laptop atau PC menggunakan Kabel data ORI samsung, Pastikan Hp anda benar-benar terdeteksi oleh komputer biasanya ditandai seperti gambar berikut : 
    6. Jika sudah tersambung maka di aplikasi odin ada tulisan ADD.
    7. Kemudian masukan Firmware Samsung GalaxyJ1 dengan menekan PDA lalu cari firmware .tar yang tadi anda download dan centang Auto reboot
    8. Jika langkah langkah diatas sudah dilakukan dengan benar dan seperti gambar dibawah ini maka pilih STAR (Untuk Memulai Flashsing)
    9. Tunggu proses flashing sampai ada tulisan pass.
    10. Setelah Proses Selesai maka hp anda akan restar secara otomatis dan dalam proses booting akan memakan waktu 3-5 menit jadi harus bersabar sejenak.
    11. Selesai, Selamat hp anda bisa digunakan kembali dan tidak error atau hank lagi.

    Selain bisa mengatasi Android yang mengalami bootloop, dengan metode flash ini juga, bisa mengatasi permasalahan seperti lupa pola atau password pada hp, karena dengan melakukan flash artinya mengganti keseluruhan system operasi yang ada pada hp dengan system operasi yang baru, sehingga Hp android anda, bisa segar kembali dan lebih nyaman lagi saat digunakan.

    Demikian artikel saya kali ini, mengenai 2 cara mudah mengatasi bootloop pada hp android  semoga bermanfaat. Terima Kasih.
    loading...

    No comments:

    Post a Comment

    Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih