-->

# Cara benar Pasang TWRP pada Hp Xiaomi Redmi 4x dengan Mudah

Sebelum memasang TWRPnya tentu kita harus memhami dulu apa itu TWRP dan bagaimna fungsinya, berikut ini akan saya jelaskan mengenai pengertian dan fungsi atau cara kerja dari TWRP itu sendiri, supaya dikemudian hari kita tidak menyesal.

TWRP adalah sebuah Custom recovery yang sudah dikembangkan oleh Team Win Recovery Project sehingga disingkat menjadi TWRP. Pada dasarnya TWRP merupakan recovery seperti recovery bawaan pabrik (Stock recovery).

Namun Custom recovery yang bernama TWRP ini memiliki beberapa fitur lebih yang memiliki fungsi penting bagi pengguna smartphone android yang gemar melakukan modifikasi sistem android, ataupun juga untuk pengguna yang hobi memasang custom rom pada smartphone mereka. 

Ada beberapa fungsi dan fitur yang ada pada TWRP Recovery yaitu sebagai berikut :


Tombol menu instal pada TWRP berfungsi untuk melakukan pemasangan atau instalasi ROM, GAPPS dan juga untuk melakukan pemasangan kernel pada smartphone android.

Menu atau tombol Wipe pada TWRP berguna untuk membersihkan partisi pada smartphone kamu. Fungsi Wipe sama juga artinya dengan melakukan format. Jadi sebelum kamu akan melakukan pemasangan ROM dan GAPPS kamu perlu melakukan wipe partisi smartphone kamu untuk membersihkan file-file yang terpasang pada partisi smartphone kamu.

Menu Backup berguna untuk melakukan pencadangan file atau bagian-bagian dari ROM atau sistem operasi android kamu. Ketika kamu menekan tombol Backup, kamu akan melihat beberapa pilihan partisi yang akan kamu backup atau kamu cadangkan. Jika kamu memberi tanda ceklist pada semua pilihan tersebut, maka kamu dapat melakukan pencadangan atau backup seluruh data pada ROM yang saat ini terpasang pada smartphone milikmu.

Menu Restore pada TWRP berguna untuk mengembalikan file yang sebelumnya telah kamu backup dengan menggunakan menu Backup. Dengan menggunakan menu Restore ini kamu dapat mengembalikan ROM yang sebelumnya kamu Backup, sehingga kamu tidak perlu melakukan instalasi ROM dan GAPPS satu persatu.

Pilihan Mount pada TWRP berguna untuk memuat penyimpanan ke sistem android. Jika kamu memilih tombol Mount dari halaman utama TWRP, kamu akan melihat pada halaman Mount ini terdapat pilihan untuk melakukan Mount microSD jam juga USB OTG. Dengan menggunakan fitur Mount pada TWRP, kamu dapat memuat USB Flashdisk dengan menggunakan pilihan USB OTG yang berguna jika kamu ingin melakukan pemasangan ROM android dari Flashdisk.

Menu Setting sebenarnya adalah menu yang berguna untuk membuka pengaturan TWRP. Pada menu Settings ini, kamu dapat mengatur tanggal, bahasa, Screen timeout, kecerahan layar dan juga fitur getar pada smartphone kamu.

itulah sedikit ulsan mengenai pengertian dan fungsi menu yang ada pada TWRP, selanjutnya sesuai dengan judul artikel saya kali ini, yaitu Cara mudah Install TWRP pada Hp Xiaomi 4x maka saya akan menjelaskan cara tersebut dengan rinci dan mudah di pahami.

Cara benar Pasang TWRP pada Hp Xiaomi Redmi 4x dengan Mudah


Memasang TWR tentu bisa menjadi pilihan buat teman2 yang ibngin melakukan install ROM tanpa menggunkan PC/Komputer, karena dengan adanya TWRP yang sudah terpasang tentunya kita hanya memerlukan ROMnya saja.

Namun dalam pemasangan TWRP ini tidaklah semudah yg dibayangkan tentunya ada hal2 yang harus di persiapkan terlebih dahulu supaya TWRP bisa terpasang pda HP kita, khususnya pada kesempatan kali ini saya akan memberikan cara memasang TWRP pada hp xiaomi Redmi 4x.

Adapun Cara mudah Install TWRP pada Hp Xiaomi Redmi 4x adalah sebagai berikut :


A. Alat dan Bahan

  1. PC/Laptop yang menggunakan OS Windows.
  2. Kabel data (gunakan kabel USB original bawaan ponsel).
  3. Download USB Driver Xiaomi
  4. Download TWRP Santoni
  5. Download Minimal Adb Fastboot
B. Langkah Install TWRP Redmi 4x

  • Pada HP Redmi 4X kamu, silahkan masuk ke Pengaturan > About Phone > dan tekan MIUI Version sebanyak 7x dengan cepat. Setelah itu, kembali ke pengaturan > pengaturan tambahan > opsi pengembangan > dan aktifkan USB Debugging.
  • Pastikan baterai terisi min 50% atau lebih  kemudian matikan perangkat Redmi 4x.
  • Selanjutnya sambungkan perangkat ke PC Anda menggunakan kabel USB yang sudah di persiapkan.
  • Masuk ke mode fastboot. Caranya, tekan tombol Power+Vol Bawah secara bersamaan hingga muncul logo Fastboot, kemudian lepaskan tombol.fastboot mode
Fastboot Mode
  • Buka folder hasil ekstrak ToolKitTWRP_v2.0-Santoni.zip.
  • Kemudian Klik kanan - Run as Administrator pada berkas DoubleKlikSaya.bat, akan muncul kotak Command Prompt seperti berikut :
  • Ketik “1” kemudian Enter, selanjutnya ikuti instruksi yang tertera pada toolkit hingga Redmi 4X kamu masuk ke TWRP secara otomatis.
  • Jika tidak, Sekarang cabut perangkat dari kabel data. Kemudian masuk TWRP Recovery Mode dengan cara tekan tombol Power + Vol Atas bersamaan. Berikut ini tampilan TWRP recovery yang sudah terinstall yaitu berbahasa China.
Menu TWRP Pertama (Bahasa China)

  • Karena Menu TWRP bahasa China untuk memudahkan setiap perintahnya maka kita ubah terlebih dahulu bahsa TWRPnya Ke Bahasa Inggris/English
  • Langkah berikutnya, silahkan tap pada 设备 (pada angka 1). Nanti dalam mode bahasa Inggris itu artinya Setting.
Proses Ubah Bahasa TWRP

  • Kemudian klik pada ikon globe pada pojok kanan atas (No 2 Gambar Atas).
  • Pilih bahasa yang digunakan, silahkan pilih English (No 3 Gambar Atas).
  • Terakhir, ketuk pada tombol pada (No 4 Gambar Atas). yang dalam bahasa Inggris berarti “Set Languange”.
  • Selesai, Dengan demikian TWRP pada Hp Redmi 4x Anda Sudah berbahasa Inggris
TWRP Bahasa Inggris

Demikian lah artikel saya kali ini, mengenai Cara mudah Install TWRP pada Hp Xiaomi Redmi 4x dan Mengubah Bahasa pada menu TWRP. Semoga bermanfaat. Terima Kasih
loading...

1 comment:

Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih