-->

Cara Mudah dan Cepat Screenshot HP Samsung Galaxy J7 dengan dan tanpa tombol

Pada dunia teknologi saat ini, kita akan menemukan banyak sekali istilah-istilah yang sering kali membuat orang-orang awam menjadi bingung. tapi, memang istilah tersebut diciptakan untuk mempersingkat atau mempermudah pengungkapan dari suatu keadaan tertentu agar lebih mudah disebutkan. 

Namun tentu saja, orang yang baru mengetahui atau mendengar suatu istilah pasti tidak akan langsung mengetahui arti dari istilah yang dimaksud. Salah satu istilah yang banyak ditemui di yaitu Screenshot (biasa disingkat dengan SS) atau Screen Capture.

Screenshot adalah suatu gambar tampilan layar yang diambil dari gadget tertentu seperti misalnya perangkat komputer atau laptop, tablet PC, bahkan ponsel pintar (smartphone) dengan dukungan sistem operasi seperti iPhone (dengan iOS nya), smartphone dengan OS Android ataupun OS yang lainnya. 

Cara melakukan screenshot pada perangkat berbasis Android umumnya sama, namun beberapa vendor seperti Samsung misalnya, telah menyematkan metode yang berbeda dari perangkat Android lainnya.

Ada pula yang harus menggunakan aplikasi atau software tambahan, khususnya bagi perangkat model lama. Namun pada umumnya, perangkat smartphone modern yang beredar saat ini sudah tidak lagi membutuhkan aplikasi tambahan karena fitur tersebut sudah tertanam secara default pada masing-masing OS yang digunakan.

Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai Cara Mudah dan Cepat Screenshot HP Samsung Galaxy J5 dimana produsen Hp Smasung ini memiliki keunikan sendiri dalam melakukan screen capture khususnya yang akan saya bahas kali ini yaitu Screenshoot samsung Galxy J5.

Sekilas, Samsung Galaxy J7 merupakan salah satu smartphone yang bisa dibilang laku di Indonesia. Samsung Galaxy J7 sendiri sudah hadir 3 generasi, mulai dari J7, J7 (2016), dan J7 (2017).

Ketiga smartphone ini merupakan kelas bawah yang dimilik oleh Samsung. Sekilas, Galaxy J7 telah dibekali layar 5,5 inci beresolusi HD, prosesor Marvel PXA1936 Octa-core 1,2 GHz, RAM 1,5 GB, dan penyimpanan internal 8 GB yang dapat ditambahkan microSD hingga 64 GB. Spesifikasi kelas menengah ke bawah sudah dirasa cukup untuk beberapa penggunanya.

Namun sebagian pengguna Samsung Galaxy J7 khususnya pengguna baru Android, baik generasi pertama hingga ketiga mungkin belum mengetahui cara melakukan screenshot di smartphone tersebut. Screenshot merupakan proses menyimpan aktivitas yang ada pada layar menjadi sebuah gambar. Ada kalanya fitur ini sangat berguna sekali untuk digunakan.

Pada umumnya, screenshot dilakukan pada chat atau pesan di aplikasi chatting seperti BBM, LINE, WhatsApp, Facebook Messenger, Instagram, dan lainnya. Tidak hanya pada aplikasi chat, screenshot bisa dilakukan pada semua area layar Samsung Galaxy J7. 


Cara Mudah dan Cepat Screenshot HP Samsung Galaxy J7 dengan dan tanpa tombol


A. Screenshot Samsung Galaxy J7 dengan Tombol Kombinasi

  1. Pastikan smartphone samsung J7 anda sudah dalam kondisi aktif atau menyala, serta sudah dalam keadaan terbuka kuncinya
  2. Kemudian tentukan tampilan layar Samsung Galaxy J7 yang ingin dilakukan screenshot atau screen capture.
  3. Tekan tombol “Power + Home” secara bersamaan selama beberapa saat sampai terdengar bunyi cekrek. Dan apabila berhasil maka screenshot tersebut akan muncul pada bagian notifikasi. Untuk melihat atau membuka hasil screenshot, anda bisa masuk pada aplikasi galeri. Pada aplikasi galeri tersebut, akan muncul folder screenshot yang didalamnya terdapat gambar screenshot.


Selain bisa digunakan screenshot pada layar Samsung Galaxy J7 cara ini juga bisa digunkan pada tipe Samsung lainnya seperti Samsung Galaxy J1, J3, J5, dan juga J7. saya rasa cara diatas sangat mudah untuk anda lakukan, cukup dengan menekan tombol “Home + Power” secara bersamaan, maka screen capture bisa berhasil dilakukan.


B. Screenshot Samsung Galaxy J7 Tanpa menekan Tombol Kombinasi


Mungkin ada sebagian orang yang merasa khwatir akan terjadinya kerusakan tombol saat melakukan screenshot, maka dari itu disini saya juga menyertakan mengenai bagaimana cara screenshot pada Samsung Galaxy J7 Tanpa menekan Tombol Kombinasi. berikut langkah-langkahnya :

1. Anda harus mengaktifkan dulu fitur palm-swipe gestur
  • Silahkan masuk ke setelan dan pilih menu motion
  • Dari menu motion, cari tahu hand motions lalu periksa palm swipe untuk mengambil check box

2. Setelah Fitur tersebut aktif, silahkan buka layar yang ingin anda screenshot
3. Sekarang posisikan tangan anda seperti pisau berada di atas layar kemudian gesekan pada 
    layar secara horizontal (di usapkan )



4. Jika gerakan yang anda lakukan benar maka akan terjadi kedipan pada layar, dan 
    itu tandanya anda telah berhasil melakukan screenshot samsung Galaxy J7 tanpa 
    meneakan tombol kombinasi



Bagaimna, mudah bukan ? Sekian untuk artikel kali ini mengenai Cara Mudah dan Cepat Screenshot HP Samsung Galaxy J7 dengan dan tanpa tombol, semoga bermanfaat khusunya untuk anda yang mungkin belum tahu cara melakukan screenshot pada smasung J7 dikarenakan baru membelinya mudah2 artikel ini bisa membantu. Terima Kasih.
loading...

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih