-->

Cara mudah cek no Hp sendiri untuk semua operator

Pada Umumnya Setiap orang sering kali lupa menyimpan nomor hp yang baru kita beli perdana baik itu nomor xl, Axis, telkomsel simpati, as, indosat im3, mentari, smart, ataupun kartu yang lainnya di karenakan kita menganggap tidak perlu sebab biasanya di kartu kemasan akan tertera nomor kartu SIM Card yang kita beli tersebut, menurut saya nomor tersebut seharusnya di hapal atau di save langsung pada Hp agar tidak lupa.

Kartu SIM/SIM Card adalah Sebuah papan sirkuit kecil berkode, yang diintegrasikan ke dalam ponsel GSM ketika kita berlangganan jasa telekomunikasi. Kartu ni menyimpan informasi dari orang yang berlangganan, keamanan data dan serta memori untuk menyimpan nomor pribadi. 

kartu SIM menyimpan informasi yang memungkinkan penyedia layanan jaringan untuk mengidentifikasi penelpon. Kartu SIM seperti kartu memori yang bisa dilepas dan bisa diintegrasikan ke dalam setiap handset GSM, memungkinkan Anda untuk mempertahankan nomor ponsel yang sama bahkan dalam kasus ketika Anda mengganti ponsel anda. Sebuah chip unik ada dalam kartu SIM di semua ponsel GSM.

Cara Kerja Kartu SIM Pada HP

Simcard umumnya bekerja untuk menyimpan informasi yang berkaitan dengan jaringan yang digunakan untuk otentifikasi (authentication) dan identifikasi pengguna. Data yang paling penting adalah: nomer identitas kartu (ICCID, Integrated Circuit Card ID), nomer pengguna internasional (IMSI, International Mobile Subscriber Identity), kunci authentikasi (Ki, Authentication Key), kode area (LAI, Local Area Identity), dan nomer panggilan darurat operator. SIM juga menyimpan nomer layanan pusat untuk SMS (SMSC, Short Message Service Center), nama penyedia layanan (SPN, Service Provider Name), dan lainnya

Pada pin Simcard pasti terdiri atas 6 Pin yang terdiri atas :
  1. Simclock , adalah sinyal frekuensi clock melakukan sinkronisasi ke data digital untuk membuat sinyal data ketika mentransfer atau mengirim dan menerima informasi data.
  2. Simdata , adalah data digital yang disimpan pada memori SIM
  3. Simreset, ini juga merupakan sinyal frekuensi yang memicu atau mengatur ulang semua proses sinkronisasi
  4. Vsim , ini sebuah power supply tegangan yang digunakan untuk mengaktifkan sirkuit SIM.
  5. Ground, voltase gound
  6. Nc (Not Connetcetd)


Pada beberapa kasus terdapat beberapa alasan mengapa No Hp yang kita gunkan tersa begitu sangat penting Sekali, misalnya ketika kita akan mengisi ulang Pulsa, ataupun ada teman yang meminta No Hp kita, baru pada saat seperti itu kita sangat ingin sekali mengetahui nomor hp kartu SIM Card Kita.

Namun Permsalahan tersebut bisa diatasi, karena Pihak provider untuk setiap kartu SIM Hp, Baik itu kartu Xl, Axis, telkomsel simpati, as, indosat im3, mentari, smart, ataupun kartu yang lainnya pasti menyediakan fasilitas yang dapat digunakan untuk mengetahui nomor hp kartu sendiri, tapi sayangnya terkadang fasilitas ini jarang sekali digunakan oleh pelanggan kartu, atau mungkin banyak yang tidak tahu juga caranya.

Maka berdasarkan hal tersebut, pada artikel kali ini sya akan berbagi tips mengenai Cara mudah cek no Hp sendiri untuk semua operator, Jadi bukan hanya satu kartu saja tapi saya akan memberikan tips mudah cek no Hp sendiri untuk semua operator baik itu kartu Xl, Axis, telkomsel simpati, as, indosat im3, mentari, smart, ataupun kartu yang lainnya, untuk mengetahui caranya, silahkan baca artikel ini sampai dengan selesai.

Cara mudah cek no Hp sendiri untuk semua operator 


Banyak sekali cara yang digunakan untik bisa mengetahui nomor hp sendiri, yaitu kita kembali lagi kepada kartu sim yang kita gunakan dari provider mana, karena setiap provider kartu pasti menyediakan layanan ini dengan cara yang berbeda beda sesuai dengan jenis kartu SIM yang digunkan seperti kartu Xl, Axis, telkomsel simpati, as, indosat im3, mentari, smart, ataupun kartu yang lainnya.

Adapun cara mudah cek no Hp sendiri untuk semua operator seperti kartu Xl, Axis, telkomsel simpati, as, indosat im3, mentari, smart, ataupun kartu yang lainnya, adalah sebagai berikut :

A. Cara cek no Hp Kartu XL


Jika kartu Sim yang anda gunakan adalah kartu xl, maka cara untuk mengetahui nomor xl yang sedang anda gunakan ada 2 cara, yaitu sebagai berikut :

1. Untuk mengecek nomor XL anda yang baru atau barangkali lupa nomor sendiri, caranya ketik *123# tekan OK/YES/CALL. Tunggu sampai muncul keterangan atau menu utama XL. Pilih nomor 7 yaitu “MyInfo” dan klik OK/YES/CALL lagi. 

Kemudian pilih keterangan “Info Kartu XL” atau tekan angka 3, klik lagi OK/YES/CALL. Layar menampilkan kembali menu baru untuk dipilih, tekan 1 dan klik “Cek Profil” dan OK/YES/CALL. Jika ada keterangan “Info Nomor” tekan dan tunggu informasi selanjutnya. Tidak sampai 5 menit, layar ponsel akan menampilkan nomor XL yang sedang kamu gunakan ini.

2. Ada pula cara yang lebih simpel dari cara di atas. anda cukup menekan tanda dan angka *123*7*3*1*1# dan pilih OK/YES/CALL. Namun, anda harus berhati-hati menekan tanda ini, karena tidak semua kartu XL bisa melakukan pengecekan nomor sendiri dengan cara tersebut. Beberapa nomor XL yang baru, terutama keluaran tahun 2014 ke atas, dapat memakai cara ini tapi, hanya untuk memindahkan tarif dasar kartu XL itu.


B. Cara cek no Hp Kartu AXIS


Jika kartu Sim yang anda gunakan adalah kartu xl, maka cara untuk mengetahui nomor xl yang sedang anda gunakan ada 3 cara, yaitu sebagai berikut :

1.Cara paling simpel yaitu anda bisa menekan tombol dan angka *2#. Setelah itu tekan OK/YES yang tertera di ponsel. Tunggu beberapa saat. Tampilan layar akan menunjukkan nomor AXIS yang sedang anda gunakan saat ini.

2. Dengan menekan *123*7# dan tekan tanda OK/YES di ponsel. Kemudian segera tekan angka 5 (menu mengenai informasi nomor). Cara ini dapat juga digunakan untuk mengetahui informasi lain mengenai nomor kartu AXIS yang kamu pakai sekarang.

3. Hampir sama dengan cara yang sebelumnya, hanya berbeda angka. Pertama tekan *123*10# dan tekan tombol OK/YES di telepon selulermu. Beberapa saat kemudian layar akan menampilkan nomor AXIS yang aktif di ponsel anda.

C. Cara cek no Hp Kartu Telkomsel (Simpati/As)


Jika kartu Sim yang anda gunakan adalah Kartu Telkomsel (Simpati/As), maka untuk melakukan cek nomor Telkomsel sendiri agar bisa mengetahuinya cukup mudah, pertama anda cukup mengakses *808# dan selanjutnya menekan tombol OK/Call/Yes. Selanjutnya, provider Telkomsel akan melakukan load data dan hasilnya nomor Telkomsel anda dapat langsung ditampilkan.

Selain itu, nomor juga akan langsung diberitahukan via SMS oleh Telkomsel. Sayangnya untuk cara yang satu ini, anda  harus mengorbankan pulsa sebesar Rp 25.

D. Cara cek no Hp Kartu Indosat (IM3/Mentari)


Jika kartu Sim yang anda gunakan adalah Kartu Indosat (IM3/Mentari), maka cara untuk mengetahui nomor xl yang sedang anda gunakan ada 2 cara, yaitu sebagai berikut :

1. Menggunakan menu bantuan indosat ooredoo. Dimana ini adalah cara yang paling mudah untuk mengetahui nomor im3 ataupun mentari. Karena anda tinggal mengetikan *123*30# lalu panggil. Setelah itu maka akan ada pemberitahuan mengenai nomor anda sendiri. Selain nomor di atas masih ada nomor lainya yaitu *123*7*2*1#. 

2. Menggunakan menu bantuan  akan tetapi bukan *123# yaitu menu *888#. Dimana cara untuk mengecek nomor indosat ooredoo sendiri adalah dengan mengetik *888*1*1#. Selain mengetahui nomor sendiri pada menu tersebut anda juga bisa mengetahui sisa pulsa yang anda miliki.


E. Cara cek no Hp Kartu 3/Tri


Jika kartu Sim yang anda gunakan adalah Kartu 3/Tri, maka cara untuk mengetahui nomor xl yang sedang anda gunakan ada 2 cara, yaitu sebagai berikut :

1. Anda hanya perlu menekan tombol *998# lalu pilih OK/YES. Di tampilan awal layar ponselmu akan langsung muncul nomor 3 punyamu. 

2. Dengan cara menekan tombol *111*1#. Jangan lupa tekan juga OK/YES dan tunggu sejenak. Dengan cara ini, anda tidak hanya akan mendapatkan informasi nomor telepon pada kartu SIM, tetapi juga informasi mengenai masa aktif, pulsa dan bonus.

3. Dengan menekan angka *123*2*1*1# untuk mendapatkan informasi mengenai nomor ponsel, masa aktif, pulsa, dan bonus. 

F. Cara cek no Hp Kartu Smartfren


Jika kartu Sim yang anda gunakan adalah Kartu Smartfren, maka cara untuk mengetahui nomor xl yang sedang anda gunakan ada 3 cara, yaitu sebagai berikut :

1. Via SMS 
Cara cek nomor Smartfren milik sendiri dengan mengirim SMS ke nomor provider Smartfren adalah cara termudah. Langkah ini bisa anda kerjakan tanpa mesti memiliki pulsa karena fasilitas ini gratis. Caranya, anda cukup mengetik SMS dengn format INFO selanjutnya kirimkan ke nomer 995. Nantikan sebentar karena anda akan memperoleh SMS notifikasi dari Smartfren yang yang memuat mengenai nomor Smartfren anda berikut masa aktif kartu anda. 

2. Via dial
Bila menggunakan SMS agak sulit dan lama mendapatkan SMS notifikasi, anda bisa mendial kode *995# selanjutnya tekan OK/Call/Yes. Sebentar saja akan keluar sejumlah menu, pilih saja Info. Detil nomor Smartfren anda akan tertera di sana. Cara cek nomor Smartfren itupun termasuk gampang dan praktis. Anda bisa mengecek tanpa anda mempunyai sisa pulsa pun bisa. Atau anda pun bisa dengan menekan kode *995 kemudian tekan OK/Call. Nantikan notifikasi yang dikirimkan yang berisi : Nomor Smartfren anda 8822*******.

3. Via bantuan operator.
Cara cek nomor Smartfren terakhir adalah dengan menghubungi nomor 500 atau 995 dari ponsel Smartfren anda. Namun untuk cara ini, anda harus menyiapkan secarik kertas dan bulpen untuk mencatat nomor Smartfren yang dikatakan oleh operator.


G. Cara cek no Hp Kartu CDMA Esia


Jika kartu Sim yang anda gunakan adalah Kartu CDMA Esia, maka cara untuk mengetahui nomor xl yang sedang anda gunakan yaitu sebagai berikut :
  1. Buka panggilan telepon
  2. Lalu ketik *3001#kode pengaman#
  3. Contoh : *3001#12345# tunggu sampai keluar Menu, lalu pilih opsi NAM1 kemudian pilih “Own number" (MDN)“ 


Demikianlah artikel kali ini, mengenai Cara mudah cek no Hp sendiri untuk semua operator, semoga bermanfaat. Terima Kasih.
loading...

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih